Tips Paling Mudah Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

0
T MauTips.com, Jakarta. Dehidrasi parah ditandai dengan mulut yang sangat kering, kulit yang kering, menurunnya daya konsentrasi, susah buang air kecil, sembelit, dan letih lesu. Puasa bisa memberi manfaat yang baik untuk kesehatan. Hanya saja terkadang persoalan dehidrasi jadi masalah tersendiri saat menunaikan ibadah puasa. Faktor cuaca panas atau kegiatan yang menguras fisik bisa jadi pemicu dehidrasi selama puasa. Untuk mencegah dehidrasi selama puasa, ada sejumlah tips mudah yang bisa dicoba.

1. Minum 8 – 12 Gelas Air Saat Berbuka Puasa dan Sahur
Kita bisa minum 8-12 gelas air putih saat berbuka puasa dan sahur, bisa dicicil minum 2 gelas air putih selama beberapa jam sekali pada rentang waktu berbuka dan sahur. Aneka menu sup dan berkuah juga bisa dikonsumsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Aneka sayur dan buah segar seperti semangka, tomat, mentimun, dan anggur yang kaya kandungan airnya juga baik dikonsumsi.

2. Hindari Penggunaan Garam Berlebihan
Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya karena bisa membuat tubuh jadi lebih banyak membutuhkan air. Makan sahur dan berbuka dengan menu yang terlalu asin atau mengandung banyak garam bisa membuat kita jadi cepat haus.

3. Tidak Berlebihan Mengonsumsi Makanan Manis
Mengonsumsi aneka camilan atau kudapan yang terlalu manis sebaiknya dihindari. Saat berbuka kita bisa mengonsumsi buah-buahan yang kandungan gulanya bisa mengembalikan energi tubuh sekaligus kandungan airnya yang bisa bantu mengatasi rasa haus.

4. Hindari Konsumsi Kafein
Kafein bersifat diuretik yang dapat mengurangi banyak cairan dan membuat kita gampang haus. Disarankan untuk menghindari aneka minuman berkafein selama bulan Ramadan. Minuman berenergi dan bersoda juga sebaiknya dihindari atau minimal dibatasi. Bahkan teh dan kopi juga sebaiknya dibatasi agar saat puasa tidak gampang haus.

Baca Juga: Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Bulan Ramadan

5. Batasi Aktivitas di Bawah Terik Matahari
Terlalu lama berakivitas di bawah terik matahari bisa membuat kita cepat haus dan berisiko dehidrasi. Usahakan untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di bawah terik matahari. Bila perlu bawa payung atau pelindung panas matahari bila berada di luar ruangan. Kalau ingin melakukan olahraga, dianjurkan dilakukan mendekati waktu berbuka sehingga setelah selesai olahraga kita bisa langsung mengganti cairan tubuh yang hilang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply