Tips Persiapan Menjalankan Puasa Untuk Pertama Kali

0
T MauTips.com, Jakarta. Kedatangan bulan Ramadhan disambut dengan rasa gembira dan penuh syukur. Karena Ramadhan merupakan bulan maghfirah, rahmat, menuai pahala dan sarana menjadi orang yang muttaqin. Oleh karena itu, sudah sepatutnya melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Banyak amalan yang perlu dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan menjalankan puasa.

Pertama, berdoa kepada Allah agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan sejak enam bulan sebelumnya dan selama enam bulan berikutnya mereka berdoa agar puasanya diterima Allah.
Kedua persiapan keilmuan karena hanya dengan ilmu dapat mengetahui cara beribadah dengan benar. Suatu ibadah akan diterima oleh Allah bila dikerjakan sesuai dengan ikhlas dan sesuai petunjuk Rasul shallalahu alaihi wa sallam.

Maka saat puasa Ramadhan untuk mempersiapkan keilmuan dengan membaca kitab/buku mengenai fikih puasa dan ibadah lain yang berkaitan dengan Ramadhan seperti shalat tarawih, i’tikaf dan lainnya. Kempat, persiapan jiwa dan mental agar jiwa kita siap untuk beribadah dengan full time dan optimal pada bulan Ramadhan. Adapun pengkhususan ibadah seperti shalat malam atau puasa pada nisfu (pertengahan) sya’ban dengan menyangka bahwa ia memiliki keutamaan.

Baca Juga: Cara Mencegah & Menghindari Terserang Parkinson Akut

Persiapan jiwa dan mental yaitu dengan cara membiasakan diri melakukan shalat-shalat sunnat dan memperbanyak membaca Al-Quran sebelum kedatangan Ramadhan, agar kita terbiasa melakukannya sehingga memudahkan kita dalam melaksanakan ibadah-ibadah tersebut pada bulan Ramadhan nantinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply