Tips Sederhana Mempersiapkan Sahur Yang Sehat

0
T MauTips.com, Jakarta. Mempersiapkan sahur di pagi hari pada bulan Ramadhan terkadang cukup melelahkan, terutama bagi Anda para wanita yang juga berkarir. Kondisi lalu lintas yang tidak bersahabat seringkali memaksa banyak orang pulang dalam keadaan letih di malam hari.

Waktu istirahat pun terpotong karena harus menyediakan makanan bagi pasangan dan keluarga. Beberapa antisipasi perlu dilakukan agar Anda tidak kepayahan setiap harinya. Di bulan Ramadhan ada sejumlah kebiasaan yang harus diubah. Misalnya saja, karena berpuasa tidak ada waktu sarapan dan makan siang. Sarapan diganti menjadi makan sahur yang dilakukan sebelum waktu Subuh. Menggeser waktu sarapan beberapa jam lebih awal untuk sahur bisa terasa berat karena harus melawan kantuk dan makan di waktu yang jauh lebih pagi. Sebelum mulai puasa, ada baiknya menyiapkan berbagai makanan kebutuhan untuk sahur. Karena hanya bersantap berdua, cobalah memilih untuk menyiapkan menu sahur yang simpel dan mudah dibuat.

Berikut beberapa tips menyiapkan makanan sahur untuk pengantin baru.

1. Buat susunan menu sahur
Membuat panduan menu sahur terbilang penting bagi pasangan pengantin baru. Kamu dan pasangan setidaknya memiliki rancangan menu selama seminggu yang sesuai selera masing-masing.

2. Usahakan lebih sering memasak
Bangun lebih awal untuk menyiapkan menu sahur akan membuat istri tampak lebih seksi di mata suami. Jadi walaupun kamu ngantuk, usahakan untuk masak makanan sahur. Lebih seru lagi jika suami mau ikut memasak. Untuk memudahkan proses masak, kamu bisa menyiapkan bahannya sejak malam.

3. Simpan lauk siap santap
Untuk berjaga-jaga, siapkan lauk kering siap santap. Kamu bisa menyimpan stok kentang kering, tempe kering atau abon. Makanan ini bisa jadi penolong kalau kamu dan suami telat bangun sahur. Dengan makanan siap santap ini, kamu bisa langsung ambil nasi dan makan dengan lauk kering. Lauk kering ini ampuh lho sebagai makanan darurat.

4. Masak makanan siap olah
Sebelum mulai puasa, ada baiknya kamu mengolah aneka makanan siap olah. Misalnya seperti ayam ungkep, udang tempura, pasta atau nugget yang sudah setengah matang dan siap olah. Makanan ini tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengolah jadi terbilang praktis. Kamu bisa membuat ayam ungkep dalam porsi banyak sekaligus. Jadi saat akan disantap tinggal goreng saja.

Baca Juga: Tips Cegah Infeksi Corona Dengan Jaga Kebersihan Saluran Napas

5. Siapkan bumbu dasar
Menyebalkan kalau saat sahur masih harus mengupas bawang lalu menghaluskannya dengan cobek. Solusinya adalah dengan menyiapkan aneka bumbu dasar. Kamu bisa menyiapkan racikan bumbu merah, bumbu putih dan bumbu kuning. Masukkan ke dalam botol bersih lalu simpan dalam lemari es. Bumbu ini bisa digunakan kapan saja. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply