Tips Sederhana Mengusir Bau Ketiak

0
T MauTips.com, Jakarta. Memiliki aroma tubuh yang tidak sedap memang bisa membuat kita menjadi minder dan tak percaya diri ketika berinteraksi dengan orang-orang. Biasanya seseorang mengeluarkan keringat atau bau tidak sedap setelah melakukan aktivitas berolahraga.

Namun ada beberapa orang yang memiliki keringat yang berlebih meski tidak melakukan olahraga berat atau dalam keadaan normal. Usaha untuk tampil maksimal dengan dandanan atau busana terbaik bisa runtuh seketika akibat bau badan berlebih pada bagian ketiak. Meski bukan persoalan besar, tapi bau ketiak bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Bau ketiak dihasilkan oleh satu dari dua jenis kelenjar keringat yang menutupi tubuh. Kelenjar apokrin yang mengandung banyak folikel rambut berada di pangkal paha dan ketiak. Sedangkan kelenjar ekrin berada di sebagian besar permukaan kulit.

Tubuh yang memanas mendorong kelenjar ekrin melepas keringat untuk mendinginkan tubuh. Keringat di ketiak bisa menimbulkan bau dan menyimpan bakteri yang bisa berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa cara untuk mengatasi bau ketiak. Berikut merangkum berbagai sumber cara-cara yang bisa Anda lakukan.

Jaga kebersihan
Anda disarankan untuk mandi secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari. Usahakan tidak menggunakan air panas. Sebab, air panas hanya akan membuat tubuh semakin berkeringat. Jangan lupa juga gunakan handuk bersih dan kering sehabis mandi.

Batasi konsumsi makanan pedas
Makanan pedas disebut dapat memicu produksi keringat, apalagi jika ditambah dengan konsumsi bawang putih dan bawang bombay.

Perhatikan bahan pakaian
Pilihan busana pun turut menjadi salah satu faktor bau ketiak. Pilih busana dari serat alami seperti wol, sutera, atau kapas (katun) agar kulit bisa ‘bernapas’.

Pangkas bulu ketiak
Tak ada salahnya mengurangi atau memangkas habis bulu ketiak. Studi pada 2016 menemukan, mencukur bulu ketiak secara signifikan mampu mengurangi bau. Pasalnya, membersihkan ketiak tanpa bulu dirasa lebih efektif.

Manfaatkan lemon
Ada cara alami yang bisa diterapkan untuk mengusir bau ketiak. Ambil setengah buah lemon dan gosokkan langsung ke ketiak. Kemudian, biarkan air lemon mengering lalu bilas dengan air bersih. Jika Anda memiliki kulit sensitif, campur perasan lemon dengan sedikit air dan balurkan pada ketiak.

Baca Juga: Tips Fengshui Rumah Untuk Membawa Rezeki di Tahun Babi Tanah

Deodoran atau antiperspirant
Sebelum bepergian, baiknya gunakan deodoran atau antiperspirant. Deodoran berfungsi untuk mencegah bau pada ketiak tanpa memblok keringat. Sedangkan antiperspirat membantu mengurangi volume keringat dengan memblok pori-pori kulit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply