Tips Sederhana Patut Dicoba untuk Cegah Tertular Flu

0
T MauTips.com, Jakarta. Perbedaan berat atau ringannya flu terlihat dari gejalanya. Flu ringan gejalanya cuma pilek, biasanya tanpa demam. Kalau berat biasanya sampai demam berhari-hari, nggak bisa bangun dari tempat tidur, nyeri-nyeri hebat, dan lama sembuhnya. Untuk flu ringan, bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 2-3 hari.

Sedangkan flu berat bisa lebih dari 5 hari dan disertai dengan infeksi sekunder. Influenzanya sudah selesai terus ada infeksi lanjutan. Misalnya infeksi paru-paru hingga bisa menjadi pneumonia. Beratnya flu tergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Semakin lemah daya tahan tubuhnya, maka bisa jadi semakin lama seseorang itu sembuh dari flu. Di musim hujan seperti sekarang ini, virus influenza atau flu bisa bertahan hidup lebih lama. Sehingga menyebabkan virus lebih mudah menyerang tubuh. Walaupun pergerakan virus flu lebih cepat saat musim hujan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tak terkena atau tertular penyakit ini. Berikut cara simpel yang bisa dilakukan.

Rajin Cuci Tangan
Sebuah studi penelitian mengungkapkan rajin mencuci tangan bisa menghindarkan diri dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus yang menular melalui kontak tangan ataupun fasilitas umum.

Rutin Berolahraga
Dengan rutin berolahraga, daya tahan tubuh akan lebih kuat sehingga bisa menangkal berbagai virus. Hal ini disebabkan sel darah putih akan bersirkulasi dengan cepat ketika seseorang olahraga. Bahkan kenaikan suhu tubuh saat olahraga dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada tubuh. Adapun olahraga yang disarankan meliputi olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda selama 30 menit setiap harinya.

Konsumsi Minuman dan Makanan Hangat
Banyak konsumsi cairan yang hangat seperti air putih, susu, dan sup bisa meningkatkan membantu daya tahan tubuh. Pasalnya, makanan dan minuman hangat membantu metabolisme dan aliran oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh tubuh berjalan lancar sehingga daya tahan tubuh semakin kuat.

Baca Juga: Restoran di Australia Sajikan Burger Isi Indomie Goreng, Laris Manis!

Jika sudah terkena flu, langsung atasi dengan minum obat yang dosisnya pas dan efektif serta tidak berlebihan mengatasi flu. Kandungan Phenylephrine Hcl yang berfungsi untuk melegakan hidung tersumbat dan lebih aman karena tidak menyebabkan nafsu makan menurun. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply