Tips Tepat Tangani Cedera Pelajaran dari Meninggalnya Choirul Huda

0
T MauTips.com, Jakarta. Belajar dari kejadian saat kiper Persela Lamongan, Choirul Huda meninggal dunia di tengah pertandingan dengan Semen Padang. Ketika itu Choirul Huda berbenturan keras dengan pemain lawan yang mengenai bagian dada dan rahang bawahnya. Choirul Huda sempat dilarikan ke RSUD dr Soegiri dengan ambulans namun nyawanya tidak tertolong.

Tim dokter mengatakan fungsi napas dan jantung Choirul berhenti kemungkinan karena terjadi trauma pada bagian kepala serta lehernya. Ada tiga organ penting pada leher yang bila terganggu dapat menyebabkan kematian. Selain ada sumsum tulang berisi pusat saraf, di leher ada juga trakea dan pembuluh darah karotis.

Jika kita memotong atau menyumbat trakea, maka aliran udara akan terhenti pasokannya ke paru-paru. Dalam beberapa menit, organ tubuh segera akan kekurangan oksigen. Otak adalah organ yang paling rentan terganggu hingga bisa segera pingsan, henti jantung dan meninggal. Ini bisa terjadi hanya dalam beberapa menit hingga belasan menit.

Fisioterapis dari ARA Physiotherapy, Tangerang, Abdurrasyid SSt, M. Fis, FMSC membagikan sedikit tips bagaimana Standard Operational Procedure (SOP) yang benar pada penanganan atlet yang cedera. Dalam kondisi tidak sadarkan diri, harus dibuka jalan napasnya. Itu akan memicu dia untuk bernapas dengan baik.

Menurutnya, penting sekali untuk memperhatikan kondisi lidah saat tidak sadarkan diri. Apakah lidah terlihat tertelan atau mejulur keluar. Lihat lidahnya tertelan atau tidak. Kalau tertelan langsung dikeluarkan. Saat membuka celah mulut untuk jalan bernapas, kepala harus sedikit didengakkan agar jalur napas bisa lebih lancar.

Baca Juga: Inilah Alasan Untuk Tidak Memanaskan Lagi Nasi Sisa Kemarin

Ini adalah proses paling penting agar tidak memperburuk kondisi pemain. Setelah cek pernapasan, tim medis harus memperhatikan tanda-tanda vital lainnya, seperti denyut jantung atau nadi. Kalau sudah tidak ada (denyut), langsung resusitasi sebagai pemacu kerja jantung agar kembali aktif. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply