Wajar Atau Tidak Sering Kentut Saat Haid

0
W MauTips.com, Jakarta. Seringkali saat situasi sedang tidak memungkinkan, mengeluarkan kentut menjadi tak mungkin dan akan berujung dengan ditahan saja. Menurut pakar kesehatan pencernaan, tubuh mengeluarkan gas berlebih dengan beberapa cara yakni bersendawa dan kentut. Nah saat ingin kentut namun justru ditahan, efek yang muncul biasanya terasa pada bagian perut.

Tidak terlalu berbahaya, namun akan muncul rasa tidak nyaman di perut karena gas berlebihan tersebut tak dikeluarkan, seperti kembung atau begah.Selain nyeri pinggang, salah satu kondisi lain yang kerap dialami wanita saat haid adalah menjadi sering kentut. Tak perlu dikhawatirkan berlebihan. Nyatanya tak sedikit wanita yang juga mengalami hal tersebut.

Menurut spesialis kandungan dan kebidanan, peningkatan frekuensi kentut saat haid merupakan hal yang umum terjadi. Penyebabnya kemungkinan karena faktor hormonal atau anatomis. Dari segi faktor hormonal terdapat fase perubahan dua jenis hormon saat haid, estrogen dan progesteron.

Estrogen dominan saat sejak dimulainya siklus haid hingga ovulasi. Saluran pencernaan memiliki reseptor progesteron, yang dapat menyebabkan relaksasi atau kontraksi pada usus, bergantung pada tingkatnya.

Maka dari itu, wanita seringkali mengalami masalah pencernaan saat haid, termasuk sering kentut, diare atau masalah buang air besar. Dari segi anatomis, sering kentut saat haid terjadi karena posisi rahim yang berada tepat di depan usus. Beberapa ahli menduga kondisi ini memicu kontak langsung dengan kontraksi uterus mikroskopis.

Baca Juga: Hal-Hal Yang Bisa Bikin Berat Badan Meningkat Saat Puasa

Akibatnya, usus besar terpacu untuk lebih aktif dan membuat Anda lebih sering kentut. Meski dianggap sesuatu yang wajar, jika hal ini terasa mengganggu bisa mengatasinya dengan cara sederhana. Minum banyak air dan meningkatkan asupan serat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply