Wanita Perokok Bisa Alami Menopause Lebih Dini 4 Tahun

0
W MauTips.com, Jakarta. Setiap rokok yang dihisap pasti mengandung nikotin dan tar. Dari kandungan zat tersebut memicu sel kanker tumbuh secara aktif. Bagi wanita perokok, tar rokok tersebut langsung merangsang pertumbuhan sel kanker serviks. Bahkan wanita perokok rentan dua kali lipat terkena kanker serviks.

Karena itu dokter kehamilan selalu mengingatkan ibu hamil untuk tidak merokok atau dekat dengan perokok. Kanker Serviks jika diterjemahkan dengan bahasa sederhana adalah kanker mulut rahim. Kanker ini terjadi pada daerah organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim. Posisinya antara rahim dengan liang senggama atau vagina wanita.

Kanker serviks ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik. Virus ini memang selalu menyerang leher rahim. Setelah dari leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, virus kanker ini bisa menyebar ke organ lain di seluruh tubuh penderita dan menyerang sistem bagian tersebut.

Kabar buruk buat perokok wanita, sebab studi terbaru mengungkap bahwa menopause bisa mereka alami lebih cepat 4 tahun dibanding wanita bukan perokok. Ini tentu mengerikan dan tidak diharapkan oleh mayoritas kaum hawa. Kebiasaan merokok mempengaruhi siklus menstruasi, demikian ditulis oleh American Society of Reproductive Medicine.

Baca Juga: Menggunakan Celana Dalam Model Ini Merugikan Kesehatan Miss V

Sayangnya hanya sedikit wanita yang paham dan menyadari hal itu. Apalagi jika bukan disebabkan oleh racun pada rokok seperti nikotin, sianida, dan karbon monoksida, yang mempengaruhi produksi sel telur. Jangka panjangnya, produksi sel telur akan berhenti sama sekali dan mati. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply