Waspada, 4 Benda di Rumah Ini Bisa Picu Penyakit Paru

0
W MauTips.com, Jakarta. Merokok menjadi penyebab utama timbunya penyakit kanker paru paru, hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa pemerintah memerangi rokok dan banyak para ahli kesehatan yang menganjurkan untuk berhenti merokok dan melarang untu merokok.

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis penyakit kronis yang mematikan karena sebagian besar penderitanya berakhir dengan kematian.Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui penyebab, gejala pengobatan serta pecegahan kanker paru paru. Perabot dan barang-barang yang ada di rumah kita mayoritas tidak bisa dihindarkan dari penggunaan bahan kimia. Hal tersebut lumrah sebab industri saat ini rata-rata menggunakan berbagai bahan tersebut dalam produksinya.

Namun ada efek samping yang perlu Anda ketahui saat memutuskan menggunakan perabot atau benda di rumah. Bagaimanapun, bahan kimia yang terkandung di dalamnya sedikit banyak akan mempengaruhi kesehatan tubuh, khususnya paru-paru.

Berikut benda atau barang apa yang bisa mengancam kesehatan paru.

Pemutih
Bahan pemutih (bleach) mengandung desinfektan dalam jumlah besar. Demikian juga klorin dan ammonia yang bisa menyebabkan kerusakan pada paru jika Anda sering menghirupnya. Akibatnya Anda berisiko mengalami penyakit paru obstruktrif kronis. Juga memicu asma pada penderitanya.

Karpet
Benda ini banyak sekali menyerap debu, sekaligus sulit dibersihkan. Akibatnya penyakit seperti asma dan sesak mudah terjadi terutama pada anak-anak.

Dinding
Dinding adalah bagian terbesar dari sebuah rumah yang kesehariannya tak lepas dari debu. Bayangkan bahwa setiap harinya kita menghirup debu tersebut, ditambah berbagai zat yang ada di dalamnya. Kesehatan paru bisa terancam karenanya.

Baca Juga: Ciri dan Fakta Tersembunyi di Balik Malam Lailatul Qadar

Cat
Cat yang melapisi dinding pun jumlahnya tidak sedikit di dalam rumah kita. Ada beberapa bahan kimia yang terdapat dalam cat, dan sebenarnya tak sehat bagi paru. Dalam waktu lama jika kita terus menghirup zat kimia dalam cat, maka risiko kesehatan pasti terjadi. Misalnya saja formaldehid yang terbukti bersifat karsinogenik. Apalagi jika sirkulasi udara kurang lancar di dalam rumah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply