Waspadai Kentut Bayi Bau Yang Perlu Diperiksakan Ke Dokter

0
W MauTips.com, Jakarta. Kentut adalah gas yang diproduksi oleh bakteri normal yang ada dalam usus bayi, serta empedu yang dikeluarkan hati. Kentut bayi bau umumnya disebabkan jenis makanan yang dikonsumsinya. Meski merupakan hal normal, tapi ada kalanya kentut bau ini menjadi pertanda kemungkinan gangguan lain. Cermati kapan perlu memeriksakan Si Kecil jika kentutnya bau.

Bayi dapat membuang gas setidaknya 13-21 kali sehari karena mereka juga lebih berpeluang menelan udara. Bayi dapat tidak sengaja menelan gas saat menangis, menyusu, minum dari botol, hingga mengisap dot. Gas yang terjebak dalam perut ini akan dikeluarkan berupa kentut dan juga dapat melalui sendawa. Di empat bulan awal, bayi rentan mengalami kolik yang ditandai dengan bayi menangis lebih dari 3 jam selama lebih dari 3 hari dalam satu minggu, dan berlangsung selama lebih dari 3 minggu.

Dalam kondisi ini, bayi akan lebih banyak menelan udara karena sering menangis, yang kemudian membuat ia lebih sering kentut. Bau kentut bayi adalah penanda paling utama berapa lama tinja bayi berada dalam ususnya. Kentut bayi bau menandakan bahwa bakteri telah lama berkembang di dalam tinja. Di sisi lain, kentut bayi bau juga dapat menjadi tanda bahwa bayi mengalami alergi atau intoleransi makanan yang menyebabkan bau kentut menjadi sangat asam atau busuk.

Baca Juga: Ide Kegiatan Berkualitas Untuk Isi Liburan Bareng Si Kecil

Namun secara umum, kentut bayi bau akan lebih sering terjadi saat bayi telah berusia 6 bulan ke atas, sesudah mengonsumsi makanan padat. Apalagi setelah tiba waktunya makan berbagai makanan yang mengandung protein. Munculnya lendir dapat menjadi tanda adanya intoleransi makanan atau pun infeksi. Namun jika terdapat gejala-gejala yang menyertai kentut bayi bau, Anda sebaiknya segera memeriksakan Si Kecil ke dokter. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply