Waspadai Masalah Kulit yang Umum Dialami Bayi

0
W MauTips.com, Jakarta. Ada beberapa masalah kulit yang umum dialami oleh bayi. Meski masalah ini umum dan tak begitu berbahaya. Tidak seperti orang dewasa, bayi memiliki anggota tubuh yang sangat sensitif.

Bayi sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan terutama masalah pada kulitnya. Ketika bayi mengalami masalah kulit ini, sebaiknya bayi segera dibawa ke dokter dan dicari penanganan terbaiknya. Penyakit kulit bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki, perempuan, orang dewasa, kanak-kanak bahkan bayi. Karena anatomi kulit yang sangat berbeda dengan orang dewasa, bayi merupakan kelompok usia yang sangat rentan terhadap gangguan kulit. Pada tahun pertama, seorang bayi akan sangat rentan terhadap gangguan karena lapisan kulit mereka belum sempurna. Pasalnya dibutuhkan waktu hingga satu tahun bagi epidermis kulit untuk berkembang dengan cepat dan berfungsi secara efektif.

Pada bayi, struktur kulitnya lebih tipis, ikatan antar selnya lebih lemah dan lebih halus. Kulit bayi juga memiliki pigmen yang lebih sedikit, dan tidak mampu mengatur temperatur seperti halnya anak-anak dengan usia lebih tua atau orang dewasa. Berikut masalah kulit yang paling umum dialami bayi.

Ruam Popok
Masalah kulit yang paling umum pada bayi adalah ruam popok. Ruam popok ditandai dengan kulit yang terlihat kemerahan, gatal dan ruam. Ruam popok terjadi karena gesekan kulit dengan kulit. Ruam popok bisa terjadi di bokong, selangkapan atau bagian kulit yang terkena gesekan popok.

Eksim
Masalah kulit selanjutnya yang sering dialami bayi adalah eksim. Eksim membuat kulit bayi kering, merah dan terasa gatal. Umumnya eksim terjadi kulit bagian wajah, siku, dada, lengan atau kaki bayi.

Biang Keringat
Biang keringat adalah hal yang umum terjadi pada bayi. Biang keringat ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah dan gatal. Tidak jarang biang keringat berubah menjadi merah. Biang keringan sering terjadi di lipatan tubuh, dahi, leher, paha dan punggung.

Baca Juga: Ini Manfaat Mendaki Gunung Selain Menyehatkan

Biduran
Biduran merupakan masalah kulit yang ditandai dengan kulit bentol-bentol merah. Biduran bisa menyerang wajah, tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Biduran bisa terjadi karena alergi makanan atau minuman. Ini juga terjadi karena sesuatu bergesekan dengan kulit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply