7 Cita Rasa Coffee Shop di Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan!

0

Penikmat dan pecinta kopi memang sama-sama menyukai kopi. Tapi, ternyata ada satu perbedaan yang nampak jelas di antara keduanya ialah kesungguhan. Bagi penikmat kopi, kopi apapun dan dari mana pun tak masalah. Pun begitu jika dia tidak minum kopi setiap harinya bukanlah masalah. Sebaliknya bagi pecinta kopi, bangun tidur hal yang pertama terlintas adalah ngopi. Seorang pecinta kopi akan mengetahui cita rasa semua jenis kopi. Bagaimana aromanya, khas bau kopinya, kekentalan, dan rasanya.

Nah, jika kamu pecinta kopi, jangan lupa berkunjung ke Kota Bandung yang memiliki coffee shop dengan berbagai cita rasa dan mutu kopi yang berkualitas. Yuk, siap-siap akhir pekan ini segera melancong ke Kota Bandung. Coffee shop yang kami rekomendasikan pun bersahabat saat tanggal tua, lho! Masalah penginapan, tak perlu khawatir karena kamu dapat cari hotel murah di Bandung mulai dari Rp150.000 per malam.

Di bawah ini tujuh coffee shop dengan cita rasa tinggi di Kota Bandung. Mana aja nih yang udah kamu coba?

  1. Kopi Purnama

Bukan pecinta kopi, kalau kamu belum datengin kopi legendaris di Jalan Alkateri No.22 Bandung. Kopi Purnama ini sudah berdiri sejak tahun 1930. Dulu Kopi Purnama benama Chang Chong Se yang artinya silakan mencoba! Kemudian di tahun 1966 atas kebijakan pemerintah berubah nama menjadi warung Kopi Purnama. Saat ngopi di sini, cobalah kopi tubruk, kopi telur, dan kopi susunya. Kamu baru akan mengerti mengapa kopi ini tetap banyak peminat meskipun di Bandung bertebaran coffee shop dengan berbagai konsep.

2. Kopweh

Kopweh dalam bahasa Sunda yang artinya silakan saja. Menandakan kebebasan bahwa kamu berhak memesan kopi jenis apapun di tempat ini. Terbukti beberapa jenis kopi seperti coffee latte, cappuccino, Oreo Coffe House, Picollo Latte, Moccacino, Grinty Latte, dan Caramel Latte yang dapat disajikan panas dan dingin. Di Kopweh juga tersedia kopi-kopi daerah yang berasal dari setiap penjuru di Indonesia. Yang terpenting semua kopi ini diolah oleh para barista yang berpengalaman.

3. Kiwari Farmers

Jawa Barat pun punya kopi andalan, kopi luwak Manglayang! Kopi luwak Manglayang ini salah satu kopi yang disuguhkan oleh Kiwari Farmers. Cita rasa kopi luwak Manglayang begitu terjaga mulai dari proses pemberian makan luwak, perawatan luwak yang bersih dan terjamin, proses pengambilan biji kopi, hingga pemilihan biji kopi yang layak dijual semuanya diolah langsung oleh para petani dan orang-orang di balik layar Kiwari Farmers. Tempat ngopi nya pun bikin anteng dan adem berada di dataran tinggi Kota Bandung, Jalan Padasuka, Cimenyan.

4. Cupola Coffe

Hanya biji-biji dari kopi terbaik di Indonesia lah yang dapat diracik di Cupola Coffee Bandung di antaranya Mandailing dan Flores. Di sini juga kamu dapat melihat Sanremo dengan seri Verona TCS Classic, salah satu mesin kopi yang digunakan dalam kompetisi barista paling bergengsi di UK. Yuk segera merapat ke Jalan Cendana No. 3 Bandung

5. Kopi Ireung

Kopi Ireung mengklaim sebuah jargon “The Best Coffee Experience” bagi para penikmat dan pecinta kopi. Bukan asal membuat jargon, Kopi Ireung memang jagonya membuat kopi dengan cita rasa yang original. Ramuan kopinya diracik langsung oleh Karneli Sadikin seorang mantan Manager Black Coffibar. Pun begitu dengan gilingan kopinya dibuat dengan grinder khusus. Kopi Ireung pun didukung dengan tempat yang bernuanasa etnik rumah joglo jawa yang berada di pingiran bukit. Kebayang dong sambil ngopi bisa lihat pemandangan Kota Bandung? Penasaran dengan citarasa original dari Kopi Ireung, silakan datang ke Jalan Bukit Pakar Timur Ciburial No. 1.

6. SF Roastery

SF Roastery yang berlokasi di Rajawali Timur No. 15 wajib kamu kunjungi karena di SF Roastery melakukan roasting (proses penyangraian kopi) sendiri dan menggunakan kopi-kopi Jawa Barat antara lain Sumedang dan Ciwidey. Kopi dari kedua kota tersebut di roast dengan karakter lingering sweetnes (rasa manis tertinggal setelah meminumnya). Kopi di SF Roastery pun diracik oleh David Irawan yang pernah menjadi barista selama dua tahun di Australia.

7. Sarang Kopi

Jangan lupa lakukan cupping saat mencicipi kopi Wamena khas sarang kopi yang dibuat dengan menggunakan Vietnam Drip. Selain kopi single origin dari Wamena, Sarang Kopi pun menyediakan Bel Canto dari Malang atau Aceh Gayo yang memiliki wangi semerbak. Mulanya Sarang Kopi adalah warung di pinggir Jalan Otto Iskandardinata, kini Sarang Kopi membuka gerai di Bandung Istana Plaza.

Jadi, sudah siapkah kamu mencicipi cita rasa kopi dari berbagai coffee shop di atas? Kamu yang berada di luar Kota Bandung dapat pesan hotel online di Resevasi.com melalui aplikasi atau website. Jangan lupa, siapin juga temen buat ngobrol sambil ngopi. Udah punya temen ngopi bareng?

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply