Alasan Telur Jadi Lauk Ideal Untuk Sahur Maupun Buka Puasa

0
A MauTips.com, Jakarta. Tidak dapat dipungkiri bahwa telur adalah sumber protein hewani yang lengkap yang murah dan mudah didapat. Telur menjadi sumber protein andalan bagi hampir setiap orang karena kepraktisan mendapatkan dan memasaknya. Namun dengan berkembangkanya gaya hidup sehat yang melanda dunia saat ini, telur seringkali dianggap sebagai “biang kerok” yang berdampak buruk pada kesehatan terutama dikaitkan dengan kandungan kolesterolnya. Memastikan keluarga bisa mendapatkan makanan sehat dengan gizi tinggi adalah tanggung jawab ibu rumah tangga. Salah satu makanan sehat yang ideal kapan saja, baik untuk sahur maupun buka puasa adalah telur.

Ada banyak alasan mengapa telur cocok untuk menu makan sahur maupun buka puasa.

1. Tinggi nutrisi
Sudah umum diketahui bahkan sudah banyak penelitian membuktikan, salah satunya dari National Health & Medical Research Council Australia, bahwa tidak ada risiko terkait makan telur. Telur kaya gizi, mulai dari protein, asam lemak omega-3, vitamin A, E, K, D, B6, B12 hingga mineral seperti seng, zat besi dan selenium.

2. Makanan sempurna untuk anak
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa memberi anak makan satu butir telur per hari selama enam bulan mampu menjaga diet sehatnya sehingga membantu menjaga berat badan dan tinggi badan ideal, bahkan mencegah stunting. Telur bisa jadi menu makanan yang enak jika ingin mengajarkan anak puasa.

3. Menjaga berat badan orang dewasa
Bukan hanya bisa menjaga berat badan anak yang menjalani puasa, telur juga ideal dalam menjaga berat badan orang dewasa selama menjalani puasa Ramadan. Telur memberi efek memuaskan dan mengenyangkan sehingga mencegah diri tidak ngemil sembarangan selama buka puasa.

4. Mengenyangkan
Ini salah satu alasan yang paling penting mengapa telur harus jadi menu sahur, karena bisa menjaga perut tetap kenyang dalam waktu lama karena mengandung serat tinggi. Puasa pasti akan menguras tenaga, dan setiap orang dewasa dengan kegiatan yang padat pasti tak ingin perutnya cepat lapar selama puasa.

Baca Juga: Tips Sahur Tanpa Nasi yang Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

5. Makanan super selama hamil
Untuk ibu hamil muda yang masih ingin menjalankan puasa, telur adalah makanan super yang harus dikonsumsi karena memiliki kandungan kolin, protein, dan vitamin D tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin sehat. Karena saat puasa, bumil tak bisa sewaktu-waktu makan, telur bisa mencukupi kebutuhan gizi selama hamil. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply