Alasan Umum Kenapa Orang Tua Tak Biasakan Anak Sarapan

0
A MauTips.com, Jakarta. Ada beberapa alasan yang kerap dipakai orang tua mengapa tak membiasakan anak sarapan. Sarapan adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari karena memberikan kita nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas. Bila seseorang terutama anak-anak tak sarapan maka dalam jangka pendek dirinya akan mengalami masalah konsentrasi.

Dan dalam jangka panjang pertumbuhan tubuhnya bisa terhambat (stunting). Berikut beberapa alasan kenapa orang tua tak biasakan anak sarapan. Sulit bangun, hal ini umumnya terjadi karena anak dibiarkan tidur larut malam sehingga pagi harinya juga jadi lebih sulit bangun. Sulit diajak sarapan, hal ini umumnya terjadi bila anak masih merasa kenyang akibat terlalu banyak makan pada malam harinya sebelum tidur.

Buru-buru, baik anak atau orang tua di pagi hari mungkin sibuk bersiap-siap beraktivitas tak melihat sarapan sebagai sesuatu yang diperlukan. Padahal justru sarapan penting agar aktivitas di pagi hari bisa berjalan lancar. Sarapan memberikan tubuh energi yang diperlukan untuk berfungsi optimal. Khawatir terlambat, mungkin lebih takut dari guru karena terlambat daripada sama orang tua.

Baca Juga: Tips Pertolongan Pertama Bila Terpapar Air Keras

Karena jadi malu di depan teman-temannya makanya banyak anak milih mending langsung berangkat ke sekolah. Solusi untuk masalah ini bisa dengan orang tua menyiapkan bekal sarapan. Anak bisa mengonsumsinya dalam perjalanan atau sebelum aktivitas sekolah di mulai. Kalau nggak sempat juga bisa ngasih anak uang saku. Ajarkan bagaimana cara memilih jajanan sarapan yang sehat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply