Cara Melihat Ciri Bakso Mengandung Formalin Dan Boraks

0
C MauTips.com, Jakarta. Saat akan menggunakan bakso dalam aneka sajian tentu harus bisa memilih bakso yang bebas boraks, sehingga aman untuk dikonsumsi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah kelaparan adalah dengan menggunakan bahan yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Salah satu bahan yang memenuhi kriteria ini adalah bakso.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih bakso yang tidak menggunakan boraks. Bakso yang mengandung boraks akan terasa lebih kenyal dan keras. Bila dilemparkan ke lantai, bakso pun akan memantul seperti bola. Bakso yang mengandung boraks bisa bertahan hingga 5 hari. Bakso yang tidak menggunakan boraks akan berwarna kecokelatan atau abu-abu, sedangkan bakso yang menggunakan boraks akan memiliki warna yang cenderung agak putih. Tusukkan sebuah tusuk gigi pada kunyit. Setelah itu, tusukkan tusuk gigi tersebut ke bakso. .

Kalau tusuk gigi berubah warna menjadi merah setelah 5 detik, maka bakso tersebut mengandung boraks. Bakso yang mengandung boraks memiliki aroma yang menyengat. Cara lain yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa bakso yang digunakan dalam sajian tidak menggunakan boraks adalah dengan membuat bakso sendiri.

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Sebaiknya Jangan Diposting Di Medsos

Selain bebas boraks dan bahan pengawet lain, bakso buatan sendiri juga bisa lebih sehat daripada bakso siap pakai yang dibeli di pasar. Kita bisa membuat bakso dari sayuran ataupun membuat bakso yang lebih rendah lemak. Dengan bakso yang sehat dan kuah yang nikmat, sajian lezat dan bergizi pun siap disajikan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply