Cara Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tak Bau

0
M MauTips.com, Jakarta. Menu favorit ketika Idul Adha tiba kebanyakan berbahan dasar daging kambing. Mulai dari tongseng, gule, gulai, hingga sate. Daging kambing memiliki aroma yang khas sehingga saat mengolahnya harus tahu triknya. Setiap Idul Adha, cara mengolah daging kambing selalu dicari. Daging kambing memiliki aroma bau yang khas. Agar sajiannya enak, begini cara mengolah daging kambing yang benar.

Supaya memasak daging kambing lebih mudah, berikut cara mengolah daging kambing biar empuk dan tidak bau.

1. Jangan dicuci
Beberapa penjual sate kambing tidak mencuci daging kambing sebelum dimasak. Kabarnya, jika dicuci, daging kambing justru akan lebih berbau amis dan teksturnya lebih alot.

2. Daun pepaya dan nanas
Cara mengolah daging kambing biar empuk adalah dengan daun pepaya dan nanas. Daun pepaya mengandung zat papain yang membuat daging empuk tanpa perlu dimasak lama. Tak perlu dicuci, cukup remas dan bungkus daging kambing yang sudah dipotong lalu bungkus dengan daun pepaya.

3. Rebus dengan rempah
Cara mengolah daging kambing agar tidak bau bisa dibantu dengan ragam rempah. Rempah memiliki aroma serta rasa yang khas dan berperan dalam menghilangkan aroma prengus pada daging kambing. Lumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe dan diamkan sebentar sebelum dimasak.

4. Hilangkan lemak pada daging
Cara mengolah daging kambing yang sehat adalah dengan menghilangkan lapisan lemak yang menempel pada daging. Hilangkan lemak yang menempel pada daging dengan menggunakan pisau yang tajam.

5. Beri jeruk nipis
Kalau daging kambing sudah terlanjur dicuci, kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan mengurangi aroma amis. Caranya adalah balurkan perasan jeruk nipis ke permukaan daging dan diamkan sekitar setengah jam.

6. Marinasi
Marinasi menjadi salah satu cara mengolah daging kambing untuk sate. Agar daging sate kambing tak bau prengus, bisa dicampurkan beberapa bumbu seperti daun jeruk, bawang putih dan ketumbar. Rendam daging kambing dalam racikan tersebut diamkan beberapa menit dan bakar sate.

Baca Juga: Jika Anak Lebih Rentan Akan Polusi, Dokter Sarankan Jaga Status Hidrasi

7. Simpan daging kambing
Jika ada sisa daging kambing, kamu bisa menyimpannya dalam freezer agar tak mudah rusak. Daging yang sudah dikemas dalam wadah kedap udara, ketika disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga berbulan-bulan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply