Cara Mudah Hilangkan Lendir Lele dan Bau Amisnya

0
C MauTips.com, Jakarta. Ikan lele mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi setara dengan kandungan gizi pada daging salmon. Tetapi karena ikan lele mempunyai lendir yang banyak pada kulitnya yang terkadang membuat orang jadi malas untuk mengolah ikan lele. Lendir pada ikan lele jika kurang bersih pada saat memasaknya akan membuat ikan lele terasa amis. Dan ini yang membuat sebagian oraang malas untuk mengolah ikan lele.

Berikut adalah resep tips cara membersihkan lendir ikan lele yang bisa anda coba dirumah agar olahan lele yang anda suguhkan untuk keluarga anda tidak berbau amis.

Cuka dan Garam
Setelah ikan lele disiangi, rendam dalam baskom berisi air yang sudah dicampur cuka dan garam, selama 10 menit. Kemudian, bilas kembali dibawah air yang mengalir.

Jeruk Nipis dan Garam
Masukkan ikan lele yang sudah disiangi ke dalam wadah berisi air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Biarkan selama 10 menit, hingga lendir ikannya luntur. Bilas sampai bersih.

Air Hangat
Masak air hingga mendidih, lalu masukkan ke dalam baskom dan campur dengan air dingin sedikit, sehingga air terasa hangat-hangat kuku. Kemudian masukkan ikan lele yang telah disiangi ke dalam baskom, dan biarkan 10 – 15 menit.

Baca Juga: Di Usia Segini Pasangan Mulai Rentan Selingkuh Awas!

Abu Gosok
Sebelum disiangi, lumuri ikan lele dengan abu gosok yang biasa digunakan untuk mencuci peralatan masak, hingga seluruh permukaan tubuhnya tertutup. Lalu, gosok-gosok permukaan tubuhnya sampai lendir kulitnya luntur. Setelah lendirnya luntur, baru siangi ikan lele dan cucui dengan air mengalir. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply