Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Tepung Sempurna

0
C MauTips.com, Jakarta. Gorengan adalah salah satu hidangan terfavorit untuk berbuka puasa. Aneka jenis gorengan seperti tempe, bakwan, pisang goreng, sampai tahu goreng yang renyah dianggap sempurna untuk menghilangkan kerinduan akan makanan renyah dan gurih sepanjang hari. Rasa gurihnya juga dianggap mampu mengembalikan selera makan setelah berpuasa seharian.

Saat mendekati waktu berbuka puasa, penjaja takjil atau makanan buka puasa sudah menggelar dagangannya di pinggir jalan. Ayam goreng tepung merupakan salah satu variasi menggoreng ayam yang paling digemari. Namun, membuat ayam goreng tepung yang sempurna ternyata tak semudah itu. Jika adonan tepung tidak pas, sensasi kriuk pada ayam bakal sulit didapatkan. Begitupun dengan takaran minyak yang tidak tepat bakal menghilangkan cita rasa ayam goreng tepung yang dikenal juga dengan fried chicken ini.

Berikut merupakan tips dan trik membuat ayam goreng tepung dengan cita rasa yang nikmat.

Goreng dalam jumlah yang sedikit
Menggoreng ayam tepung dalam jumlah yang sedikit agar ayam dapat matang dengan sempurna. Semakin banyak jumlah ayam dalam sekali penggorengan, maka akan semakin sedikit ayam yang yang matang sempurna dan juga bakal memakan waktu lama.

Suhu ayam
Suhu ayam ketika masuk dalam penggorengan juga harus diperhatikan. Sebaiknya saat digoreng, ayam tepung memiliki suhu ruangan. Alasannya, ayam tepung yang terlalu dingin dapat memengaruhi suhu minyak goreng. Selain itu, ayam yang terlalu dingin juga dapat membuat kulit ayam menjadi basah dan berminyak.

Baca Juga: Tips Agar Buah Tetap Segar Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Minyak goreng
Beberapa jenis minyak goreng terutama minyak goreng yang mahal eperti minyak zaitun tak dianjurkan untuk memasak ayam tepung. Ayam goreng tepung sebaiknya dimasak menggunakan minyak kanola, minyak kacang, dan juga minyak sayur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply