Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Pilek

0
D MauTips.com, Jakarta. Tak bisa dipungkiri salah pilih makanan akan membuat sakit pilek malah bertambah parah. Sakit pilek, batuk, dan flu memang hanya membutuhkan istirahat yang cukup dan makanan yang tepat. Makanan sendiri memegang peranan penting saat sedang sakit. Makanan bisa membuat Anda cepat sembuh dari pilek atau justru malah memperburuk kondisi.

Berikut beberapa makanan yang pantang disantap saat sedang pilek dan flu.

Makanan manis
Makanan manis bisa menyebabkan pembengkakan. Kondisi ini akan melemahkan sel darah putih yang sebenarnya berfungsi untuk melawan penyakit.

Karbohidrat sederhana
Makanan berkarbohidrat yang disantap sampai halus akan dipecah cepat menjadi gula. Hal ini akan menyebabkan tubuh banyak mengandung gula darah yang berpotensi menyebabkan pembengkakan.

Alkohol
Seperti gula, alkohol juga berisiko menyebabkan pembengkakan dan melemahkan sel darah putih. Selain itu alkohol juga memiliki efek lainnya yang memicu dehidrasi.

Jeruk
Menikmati segelas jus jeruk yang segar dan penuh dengan vitamin C mungkin jadi insting pertama ketika flu dan pilek. Tapi hati-hati kalau ini juga diikuti dengan sakit perut. Jika hanya pilek atau flu tanpa sakit perut, minum jus jeruk sangatlah disarankan. Namun jangan tambahkan gula ke dalamnya.

Minuman berkafein
Seperti alkohol, minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda bisa membuat Anda justru mengalami dehidrasi. Selain itu kandungan gula di dalamnya juga akan membuat tubuh yang terserang pilek lebih sulit sembuh.

Baca Juga: Tips Konsumsi Makanan Ini Agar Daya Tahan Tubuh Kuat Habis Kehujanan

Susu
Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Laryngoscope menemukan bahwa susu, khususnya susu sapi, malah memperparah kondisi flu yang diderita seseorang. Penelitian menyebut bahwa mereka yang meminum susu sapi mengalami peningkatan volume lendir. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply