Dampak Buruk Minum Minuman Manis pada Saat Sahur

0
D MauTips.com, Jakarta. Ibadah puasa membuat kita harus mengubah drastis pola makan dari biasanya. Menu diet tentu perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh selama berpuasa. Banyak orang berpikir kalau menyantap makanan atau minuman yang manis-manis akan menambah energi dan kekuatan saat puasa.

Seringkali orang tak menyadari bahwa makanan atau minuman yang disantapnya saat sahur dan buka puasa akan membuat tubuhnya lemas, lesu, cepat lapar dan haus ketika berpuasa. Es sirup atau es buah biasanya menjadi minuman favorit ketika berpuasa, dan teh manis saat sahur. Tapi ternyata minuman tersebut justru kurang baik dikonsumsi selama berpuasa di Bulan Ramadan.

Tips memilih minuman yang sehat saat sahur maupun buka puasa sebagai berikut.

Hindari minuman bersoda atau minuman rasa buah dalam kemasan, juga minuman kemasan yang terbuat/mengandung susu. Jenis minuman tersebut tak hanya tinggi gula tapi juga tinggi garam yang membuat Anda cepat merasa haus saat puasa. Minuman paling ideal untuk dikonsumsi selama Ramadan adalah air putih, air kelapa atau susu rendah lemak.

Jika tetap ingin minuman segar untuk berbuka, Anda bisa memilih jus buah yang terbuat dari buah-buahan segar tanpa campuran susu atau bahan-bahan penambah rasa lainnya. Jika ingin rasa yang lebih manis, cukup tambahkan satu sendok teh madu murni.

Hindari berbuka puasa dengan air dingin atau es. Air dingin setelah berpuasa bisa membuat perut terasa tidak nyaman seperti kembung atau perih. Selain itu air dingin juga memicu pembuluh darah berkontraksi sehingga bisa menganggu pencernaan.

Baca Juga: Tips Jitu Mengatasi Kurang Tidur Selama Bulan Puasa

Teh manis tidak disarankan untuk sahur karena akan menaikkan gula darah tapi cepat juga menurunkannya. Sehingga Anda akan cepat lemas ketika berpuasa. Namun teh manis bisa menjadi minuman yang ideal untuk berbuka.

Kandungan gulanya akan cepat mengembalikan energi. Tapi konsumsinya pun jangan berlebihan. Satu cangkir teh manis hangat sudah cukup untuk membuat tubuh segar kembali. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply