Fakta Kesehatan Di Balik Kelezatan Durian

0
F MauTips.com, Jakarta. Buah durian dapat mengganggu kesehatan jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Gangguan pencernaan kita mungkin merasa sedikit sakit perut jika kebanyakan makan durian, terutama karena tingginya kandungan serat makanan yang cenderung menyebabkan perut kembung dan bersendawa pada orang yang sensitif.

Buah durian dengan ciri khas duri yang banyak di bagian kulit luarnya ini tersebar luas di beberapa negara, terutama di Asia Tenggara. Lewat baunya yang tajam, sudah dapat mengenali tanda-tanda adanya buah durian.

Bagi pencinta buah dengan nama Latin Durio sp ini, berikut fakta kesehatan yang mungkin perlu ketahui.

Kaya akan nutrisi
Buah durian mengandung bermacam-macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain vitamin B, C, dan E. Selain itu, durian juga kaya akan mineral, seperti zinc, cuprum, mangan, besi, natrium, magnesium, kalsium, kalium, fosfat, dan lain-lain.

Antioksidan yang baik
Selain kaya akan vitamin, durian yang terkenal dengan julukan raja buah-buahan ini juga memiliki efek antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting untuk menangkal radikal bebas, yaitu molekul yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh. Ya, durian mengandung beberapa zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, antara lain fenol, flavonoid, dan karotenoid.

Menjaga kadar lemak
Tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, buah durian ternyata juga memiliki sifat antilipidemik. Artinya, daging buah ini bisa mencegah kenaikan kadar kolesterol serta lemak jahat (LDL) dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa dalam durian terkandung asam lemak jenis n-3 yang dapat membatasi peningkatan kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Jika Terlanjur Terlilit Utang Kartu Kredit, Harus Bagaimana?

Akan tetapi, bukan berarti kita bebas mengonsumsi durian sebanyak-banyaknya. Seperti buah dan makanan lain pada umumnya, durian juga tetap mengadung kalori. Kebanyakan kalori tentu akan mengarah pada berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply