Hidangan Kolak Labu Kuning Menu Takjil Buka Puasa Menyehatkan

0
H MauTips.com, Jakarta. Labu kuning mengandung serat sehat serta antioksidan tinggi yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Ada beta karoten dan karotenoid di dalamnya yang membuat warna labu menjadi kuning. Zat tersebut berfungsi mencegah radikal bebas merusak sel tubuh.

Menu takjil untuk buka puasa umumnya adalah hidangan ringan yang menyegarkan dan bisa mengembalikan kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi serta kurang energi. Salah satu pilihannya adalah kolak labu kuning, hidangan tradisional kaya nutrisi dan menyehatkan.

Vitamin A nya membuat mata terhindar dari rabun, vitamin E nya mencegah peradangan serta melindungi dari munculnya penyakit kanker. Vitamin C pada labu kuning berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Masih banyak manfaat sehat labu kuning yang dapat diperoleh. Inilah hidangan yang baik sekali untuk buka puasa.

Berikut resep kolak labu kuning untuk takjil buka puasa.
Bahan:
500 gram labu kuning, kupas dan potong kotak kemudian cuci bersih
2 kotak gula jawa, potong kecil agar mudah larut
500 ml santan
½ sdt vanili cair (tak ada tak mengapa)
1 lembar daun pandan
5 sdm gula pasir
Garam secukupnya

Cara membuat:
Rebus santan dan potongan gula jawa, tambahkan sedikit air jika terlalu kental, aduk terus hingga mendidih agar santan tidak pecah. Masukkan potongan daun pandan.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Baking Soda Untuk Gigi Lebih Putih 

Jika sudah mendidih masukkan potongan labu kuning, aduk sesekali agar santan tidak pecah. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Tes rasa, jika sudah pas dan enak matikan api.
Kolak labu kuning siap dihidangkan untuk takjil buka puasa dalam keadaan panas atau juga dingin. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply