Hindari Mengonsumsi Ini Saat Sahur, Agar Puasa Lancar

0
H MauTips.com, Jakarta. Agar puasa lancar, penting untuk lebih jeli lagi dalam memilih makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Bukan sekadar makan sahur asal kenyang, tetapi lebih mempertimbangkan asupan gizi dan nutrisi yang bisa membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Disunnahkan bagi orang yang akan berpuasa untuk makan sahur. Ada berkah tersendiri yang tersimpan dalam waktu sahur. Pastinya dengan sahur, kita bisa menunaikan ibadah puasa dengan lebih lancar seharian hingga waktu berbuka tiba. Saat sahur sebaiknya menghindari buah-buahan yang terlalu manis seperti pepaya, melon, dan semangka. Selain itu, hindari juga jus buah, nasi, mi, kentang, roti, kopi manis, teh manis, minuman bergula, dan soft drink. Kenapa kelompok makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari?

Alasannya adalah karena bisa menimbulkan lonjakan gula darah. Makan sahur tidak asal pilih yang asal kenyang. Kalau ingin mengonsumsi karbo, pilih alternatif seperti brokoli, wortel, tauge, dan bayam. Makanan dan minuman dengan kadar gula atau pemanis yang tinggi juga perlu dihindari. Untuk minuman, yang paling aman adalah air putih. Atau bisa juga mengonsumsi kaldu iga atau sup tulang iga untuk menggantikan cairan tubuh.

Penting juga mempertimbangkan kondisi tubuh. Misal, bila kita memiliki penyakit maag atau lambung, penting untuk berkonsultasi ke dokter soal makanan apa saja yang aman dikonsumsi pada saat sahur. Selain itu, pastikan kita mengonsumsi makanan secukupnya.

Baca Juga: Tips Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadan

Tidak sampai kekenyangan yang malah bikin sakit perut dan malah memicu rasa lapar. Semoga puasa kita sebulan penuh selama bulan Ramadan bisa selalu lancar. Niatkan puasa untuk ibadah supaya pahala yang kita dapatkan bisa berlipat ganda dan memberi berkah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply