Ini Makanan Terbaik Saat Menyusui Agar Otak Bayi Cerdas

0
I MauTips.com, Jakarta. Saat seorang ibu hamil, biasanya banyak wanita jadi masa melakukan banyak kegiatan, apalagi olahraga. Ternyata tetap olahraga saat hamil tidak hanya memberi manfaat untuk tubuh, tapi juga memberikan manfaat kesehatan untuk bayi di dalam kandungan, terutama sebelum melahirkan. Olahraga rutin selama hamil bisa meningkatkan perkembangan otak bayi. Dengan kata lain, olahraga bisa membuat bayi lebih cerdas saat lahir nanti.

Selain berguna untuk menguatkan tubuh sebelum melahirkan, olahraga jadi cara alami mendukung perkembangan otak bayi yang cerdas. Karena saat olahraga, ibu menyuplai oksigen lebih baik ke dalam tubuh, termasuk disalurkan ke bayi sehingga perkembangan otaknya lebih baik. Memenuhi kebutuhan nutrisi bayi tidak hanya dimulai saat sedang hamil, setelah melahirkan dan saat menyusui pun, perlu terus menyuplai nutrisi terbaik untuk bayi agar ia tumbuh dengan baik dan sehat.

Apalagi jika ingin si kecil bisa tumbuh jadi anak yang cerdas nantinya. Ada beberapa makanan yang bisa jadi menu wajib untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi yang cerdas. Nutrisi seperti protein, seng, zat besi, folat, beberapa vitamin dan asam lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Kurangnya nutrisi ini bisa menyebabkan masalah fungsi otak di kemudian hari.

Beberapa makanan yang memiliki nutrisi ini adalah telur, tahu, tempe, sayuran hijau dan daging ikan. Ibu bisa mengonsumsi banyak makanan ini selagi menyusui. Nutrisi dalam makanan akan disalurkan melalui asi yang diberikan setiap hari. Banyak penelitian menyebutkan bahwa pemenuhan gizi di awal-awal usia bayi sangat penting membangun otak yang cerdas.

Baca Juga: Tips yang Perlu Disiapkan Ketika Mencari Pekerjaan Bagi Generasi Milenial

Seribu hari pertama usia bayi adalah kesempatan yang harus benar-benar dimanfaatkan ibu untuk memberikan nutrisi terbaik. Air susu ibu adalah makanan utama bayi yang baru lahir hingga mereka mencapai usia enam bulan. Setelah itu, asi bisa didampingi dengan MPASI yang mengandung mineral zat besi dan seng yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply