Kebanyakan Makan Durian, Ini Bahayanya!

0
K MauTips.com, Jakarta. Durian baik untuk meningkatkan energi, kekuatan otot dan tekanan darah, memperlancar buang air besar, dan menunjang kesehatan kulit. Raja dari segala buah ini juga mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah. Selain itu, tingginya kandungan protein dalam durian juga baik untuk orang-orang yang punya sindrom iritasi usus (IBS) karena protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko gejala IBS.

Kandungan kaliumnya yang tinggi juga bisa membantu mengurangi kelelahan, juga menghilangkan stres dan kecemasan. Tapi awas, jangan sampai terlena dengan semua manfaat ini sampai kita kebanyakan makan durian. Buah durian dapat mengganggu kesehatan jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Gangguan pencernaan kita mungkin merasa sedikit sakit perut jika kebanyakan makan durian, terutama karena tingginya kandungan serat makanan yang cenderung menyebabkan perut kembung dan bersendawa pada orang yang sensitif. Meningkatkan gula darah yang punya diabetes sebaiknya lebih waspada terhadap bahaya durian yang satu ini.

Kebanyakan makan durian bisa membuat gejala diabetes memburuk. Berat badan bertambah, kalori dan karbohidrat yang terkandung dalam durian sangat tinggi. Satu kilogram buah durian ukuran sedang pada umumnya mengandung hampir 1.500 kalori, sehingga asupan kalori dari satu durian utuh saja sudah mencukupi hampir 70 persen kebutuhan kalori harian tubuh.

Makan durian bisa menyebabkan kematian Istilah mabuk durian pasti sudah tak asing lagi di telinga para penggemar buah berduri ini, karena katanya durian mengandung alkohol. Tanda Kecanduan Alkohol ini karena durian mengandung senyawa sulfur yang disebut dietil disulfida yang dapat menghambat kerja enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH) dalam hati yang berfungsi untuk memecah alkohol.

Baca Juga: Fakta Kesehatan Di Balik Kelezatan Durian

Kadar alkohol dalam darah yang gagal dipecah oleh tubuh karena dihambat oleh durian akan berubah menjadi sangat beracun. Kita dapat menjadi sangat kebingungan, tidak responsif, mengalami pernapasan pendek, bahkan kehilangan kesadaran hingga koma. Selain itu, meski durian tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, makan durian bersama minuman keras tetap bisa meningkatkan tekanan darah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply