Makanan Untuk Mencegah Kanker Getah Bening

0
M MauTips.com, Jakarta. Baru-baru ini studi dari Oxford University menemukan, sering makan ayam dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena limfoma non-Hodgikin, salah satu jenis kanker kelenjar getah bening.

Konsumsi ayam juga dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker prostat pada laki-laki. Rendah lemak dan kaya protein, daging ayam kerap menjadi pilihan yang lebih sehat ketimbang daging merah. Namun, manfaat sehat ini tampaknya bisa berkurang bila ‘daging putih’ tersebut keseringan dikonsumsi. Ria Irawan meninggal dunia karena menderita kanker kelenjar getah bening. Kanker getah bening menyerang sistem limfatik atau sistem kekebalan tubuh. Kanker ini dapat dicegah dan dilawan dengan konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Studi menunjukkan asupan makanan yang bergizi tinggi dikaitkan dengan kejadian getah bening yang lebih rendah. Sebaliknya, makanan bergizi rendah terkait dengan kejadian kelenjar getah bening yang tinggi.

Berikut daftar makanan yang dapat melawan kanker getah bening.

Makanan nabati
Mulailah konsumsi pola makan yang berfokus pada makanan nabati seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Makanan dari tumbuhan ini kaya akan antioksidan, serat, dan folat yang berperan penting melawan perkembangan tumor.

Sayur brokoli
Kelompok sayuran famili Cruciferae seperti brokoli, kembang kol, kubis, selada air, dan lobak baik untuk melawan kanker kelenjar getah bening. Leukemia & Lymphoma Society menganjurkan untuk makan lima hingga 10 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk mencegah dan melawan sel kanker kelenjar getah bening.

Buah jeruk
Kelompok buah citrus atau jeruk seperti jeruk manis, jeruk nipis, jeruk limau, jeruk bali dapat dikonsumsi untuk melawan kanker kelenjar getah bening. Makan lebih banyak sayuran dan buah sitrus dapat meningkatkan kelangsungan hidup pada pasien limfoma atau kelenjar getah bening.

Makanan dengan lemak sehat
Makanan yang mengandung lemak sehat bisa melawan pertumbuhan kanker. Lemak sehat terdapat pada kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan berlemak seperti salmon dan sarden.

Baca Juga: Guinness Kaleng, Minuman Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Makanan yang mesti dibatasi
Untuk menghambat pertumbuhan sel kanker getah bening seperti yang diderita almarhum Ria Irawan, Anda dianjurkan untuk menghindari beberapa.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply