Manfaat Lain Minuman Cola, Selain Segar dan Enak Diminum

0
M MauTips.com, Jakarta. Minuman bersoda jenis cola seperti Coke dan Coca-cola dibuat dengan campuran bahan kimia acerbik seperti, asam sitrat, karbonat dan fosfat. Minuman cola merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia. Selain diminum, cola bisa dimanfaatkan sebagai pembersih dan hal lainnya.

Kandungan bahan tersebut bisa melarutkan senyawa organik lain mulai dari darah, es hingga karat pada besi. Karenanya dianjurkan untuk tidak mengonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Terutama juga karena kandungan gulanya yang tinggi. Selain diminum, berikut 10 manfaat minuman cola yang lainnya. Coca Cola merupakan brand minuman terkenal di dunia. Sayangnya, sering kali beredar kabar buruk mengenai bahan pembuatan minuman ini. Kabarnya, coca cola mampu melarutkan karat, logam, dan bahan lainnya. Lalu bagaimana jika minuman tersebut masuk ke perut kita? Sampai sekarang kabar ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Menurut Direktur Yayasan St Nicholas (organisasi Sekuler dari Turki) mengklaim bahwa Coca Cola berdasarkan keputusan pengadilan manyatakan bahan tradisional pembuat minuman dirahasiakan.

Bahkan kabarnya di perusahaan kompetitif, Pepsi, hanya ada dua orang yang mengetahui bahan pembuat minuman tersebut. Dimana masing-masing orang hanya mengetahui setengah dari rahasia ini. Semua itu sebenarnya hanya rumor belaka, tidak ada yang dirahasiakan dalam minuman ini.

Sekarang, peralatan modrn untuk menganalisis fisik dan zat kimia bisa mengungkapkan secara rinci bahan apa saja yang terkandung dalam minuman atau makanan. Tapi, tetap saja informasi yang didapat hanya kandungan zat pokok saja, bukan semua bahan pembuatannya. Di label minuman yang banyak digemari remaja ini, dapat diketahui bahwa Coca Cola mengandung gula, asam fosfat, kafein, karamel, asam karbonat, dan beberapa ekstrak.

Beberapa ekstrak inilah yang dapat menimbulkan kecurigaan penuntut yang mengklaim tentang perlindungan hak-hak konsumen pada hukum Turki. Dalam Undang-Undang dinyatakan bahwa konsumen mempunyai hak untuk tahu apa saja yang terkandung dalam produk yang digunakan. Beberapa sumber menegaskan bahwa carmine benar-benar aman dan digunakan dalam banyak produk, sumber lain mengatakan bahwa carmine berbahaya hanya untuk orang-orang dengan alergi.

Baca Juga: Steak Daging Sapi Saus Barbeque Rumahan Enak

Sementara para vegetarian yang mengkonsumsi minuman tersebut menyatakan bahwa kandungan carmine yang notabene produk hewani bertentangan dengan makanan mereka. Untuk itu sebaiknya perusahaan harus menunjukkan kandungan zat carmine di botol. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply