Manfaatkan Jus Semangka, Tips Atasi Dehidrasi Saat Musim Kemarau

0
M MauTips.com, Jakarta. Saat musim kemarau, tubuh akan mengeluarkan banyak energi dan cairan yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lelah. Energi tersebut akan diubah menjadi otot, sedangkan cairan di dalam tubuh akan diubah menjadi keringat. Maka tak heran, ketika musim kemarau dan saat panas menyengat akan mengucurkan keringat yang begitu banyak.

Dengan banyaknya keringat yang keluar, maka seseorang akan mengalami dehidrasi, yaitu kondisi di mana seseorang banyak cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan beberapa gangguan, mulai dari pusing, sakit kepala, bahkan sampai jatuh pingsan. Efek samping dari dehidrasi juga cukup merugikan fisik Anda, misalnya gangguan pencernaan dan tidak lancarnya reproduksi sel serta hormon di dalam tubuh.

Musim kemarau sudah tiba dan udara yang panas serta kering seringkali memicu dehidrasi. Memperbanyak konsumsi air putih bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal ini. Tidak hanya itu, memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga dapat membantu kamu untuk mengatasi dehidrasi.

Udara yang kering juga membuat kulit menjadi kasar dan jika dibiarkan dapat menimbulkan iritasi yang mengganggu. Namun tidak perlu khawatir. Kita dapat mengatasi dehidrasi ini dengan mengonsumsi buah semangka. Buah semangka sangat baik untuk mengurangi dehidrasi, karena kaya akan kandungan air.

Simak cara membuat jus semangka yang menyehatkan ini.

Bahan:
100 gram semangka
50 gram mentimun
Daun mint secukupnya
100 ml air kelapa
Air lemon secukupnya
Es batu sesuai selera

Baca Juga: Tips Tetap Nyaman Menyusui Saat Produksi ASI Berlebih

Cara membuat:
Potong semangka dan mentimun, lalu haluskan dengan belender.
Tambahkan air kelapa dan air lemon, blender sebentar.
Siapkan gelas saji, masukkan es batu lalu tuang jus semangka. Lengkapi dengan daun mint. Jus semangka siap disajikan.

Mudah bukan cara membuatnya. Perpaduan semangka dan mentimun akan mengurangi risiko dehidrasi. Selamat mencoba. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply