Mengenal 5 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Dari Berbagai Wilayah

0
M MauTips.com, Jakarta. Kopi sudah menjadi gaya hidup, bermunculnya berbagai macam kedai kopi membuat orang lebih tertarik dan ‘melek’ tentang kopi. Sebagai komoditi ekspor di Indonesia, biji-biji dari petani kopi lokal sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Salah satu jenis kopi asal Indonesia yang paling populer. Setiap kedai kopi atau kafe pasti menyajikan kopi gayo. Dikenalkan oleh Belanda ratusan tahun lalu, kini Indonesia berhasil menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Terutama 5 wilayah ini. Berikut ragam biji kopi terbaik dari wilayah-wilayah yang berada di Indonesia. Kopi ini berasal dari Aceh, dan memiliki tingkat keasaman yang seimbang, dengan tekstur lebih ringan dan tidak terlalu kental. Kopi ini ditanam di wilayah Pegunungan Gayo, yang berada di wilayah Aceh Tengah.

Kopi gayo berhasil mendapatkan penghargaan Fair Trade Certified, dari Organisasi Internasional Fair Trade di tahun 2010. Kopi varietas arabika ini berhasil menjadi kopi organik terbaik di dunia.

Berasal dari Bali, biji kopi Kintamani memiliki rasa yang lebih fruity, mirip seperti rasa jeruk dan floral. Rasa jeruk ini berasal dari sistem ‘tumpang sari’, yang ditanam dengan tanaman jenis lain sehingga biji kopi meresap rasa dari buah-buahan tersebut. Rasa kopi juga tidak berat dan lembut.

Memang tidak sepopuler kopi Kintamani dan Gayo, tapi kopi Bajawa punya rasa yang membuat penggemar kopi tergila-gila. Kopi Bajawa berasal dari Kabupaten Ngada, di Flores. Tanah Flores yang subur dari abu gunung berapi rupanya membuat pertanian kopi menjadi subur.

Kopi Jawa memiliki perbedaan dari tingkat aroma yang cukup kuat, kekentalan dan keasaman dalam tingkat sedang. Hingga rasa kopi yang seimbang. Kopi ini biasanya diekspor ke Amerika dan negara-negara di Eropa.
Punya rasa pahit yang pekat, justru membuat kopi Toraja memiliki banyak penggemar. Meski pahit, rasanya akan hilang setelah kopi diteguk.

Baca Juga: Tips Memilih dan Manfaat Luar Biasa Alpukat yang Sudah Matang

Kopi Toraja serupa dengan kopi dari dataran Sulawesi lainnya, punya rasa yang earthy atau mirip seperti khas tanah dan hutan. Sebagian besar pertanian kopi Toraja terletak di pegunungan Toraja Utar, dan Tana Toraja. Kopi ini cukup populer di Jepang dan Amerika. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply