Mengenal Khasiat Minum Kopi yang Perlu Ditandai

0
M MauTips.com, Jakarta. Minum kopi telah menjadi kegiatan rutin oleh beberapa kalangan baik di pagi hari sebelum memulai aktivitas maupun malam hari setelah selesai menjalani aktivitas seharian. Rasa pahit dan aromanya yang khas memang menggoda siapa saja untuk meminumnya, tetapi mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai manfaat kopi dan efek sampingnya selain kopi sebagai bagian dari gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari.

Jika minum kopi sudah menjadi hal yang selalu Anda lakukan, maka khasiat yang dapat diberikan dari kebiasaan tersebut pastinya sudah dirasakan. Selain dapat menambah fokus dan memudahkan otak dalam berkonsentrasi saat bekerja, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang perlu ditandai. Kandungan kafein dalam secangkir kopi adalah zat aktif yang memberikan manfaat tersebut.

Berikut apa saja khasiat minum kopi itu.

Turunkan berat badan
Apakah Anda menyadari bahwa usai minum kopi maka terasa tubuh lebih bertenaga? Itu karena kafein membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh, dan menghasilkan energi lebih cepat. Mayoritas suplemen penurun berat badan menggunakan kafein untuk tujuan yang sama.

Nutrisi
Mungkin Anda belum tahu bahwa dalam kopi pun terdapat kandungan nutrisi. Tercatat ada vitamin B2 dan B5, magnesium, niacin, dan potasium yang berguna untuk tubuh.

Turunkan risiko diabetes tipe 2
Rutin minum kopi hitam dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Ini adalah penyakit yang terjadi karena pola makan yang buruk.

Turunkan risiko alami parkinson
Penyakit seperti parkinson, Demensia, dan Alzheimer dapat diturunkan risikonya dengan rutin minum kopi. Hal itu diungkap dari beberapa penelitian yang terkait. Peneliti meyakini bahwa kafein adalah zat yang membantu menurunkan risiko tersebut.

Baca Juga:

Lawan depresi
Demikian juga risiko terjadinya depresi yang menurun hingga 20 persen jika Anda rutin minum kopi hitam, begitu hasil studi yang dilakukan ilmuwan di Harvard pada 2011 lalu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Comments are closed.