Menu Lontong Cap Go Meh 2017 Terinspirasi Ketupat Opor Ayam

0
M MauTips.com, Jakarta. Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai malam pergantian tahun.

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Etnis Tionghoa selalu merayakan Cap Go Meh setelah dua pekan usai hari Imlek atau malam ke-15 dari tahun baru China tersebut. Selalu ada makanan khusus yang dihidangkan dalam perayaan itu.

Yakni lontong lengkap dengan lauk pauk dan sayur yang akan disantap bersama seluruh keluarga yang sering disebut lontong cap go meh. Cap go meh sendiri berasal dari bahasa daerah Hokkian. Sedang nama asli untuk perayaan yang sama, resminya adalah hari raya Yuan Xiao Jie yang sudah dilakukan sejak Dinasti Han di negeri Tiongkok.

Baca Juga: Kebiasaan Yang Bisa Ubah Kualitas Hidup Keluarga di Tahun 2017

Hidangan lontong cap go meh sebenarnya merupakan adaptasi dari makanan khas Jawa yakni ketupat opor ayam yang sering dihidangkan saat lebaran. Beberapa perubahan dan modifikasi bahan menjadikan lontong cap go meh punya kekhasan yang akhirnya dikenal hingga kini. Lontong opor ayam cap gomeh adalah saudara muda ketupat opor ayam lebaran. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply