Ngemil Banyak di Malam Hari Ternyata Dipicu Oleh Hal Ini

0
N MauTips.com, Jakarta. Banyak orang tidak dapat tidur nyenyak dengan perut kosong hingga mereka sering ngemil pada malam hari walau sesungguhnya telah makan malam. Rutinitas itu baiknya dihindari dikarenakan bikin tubuh menumpuk lemak lebih cepat. Beberapa peneliti mendapatkan kekuatan tubuh untuk meregulasi gula darah beragam. Bukan hanya itu, terganggunya irama sirkadian tubuh akan bikin tubuh semakin banyak menaruh lemak.

Itu penyebab kenapa bila kita makan terlampau malam tubuh dapat lebih cepat mengubahnya jadi lemak. Hasil penelitian tersebut dapat menjelaskan kenapa beberapa pekerja shift malam lebih beresiko kegemukan serta diabetes. Terganggunya jam biologis dapat menyebabkan masalah metabolisme hingga ada kecenderungan untuk menaruh lemak. Yang perlu di perhatikan bukan hanya type makanannya namun juga waktu makannya. walau jumlah kalorinya sama namun bila dimakan malam hari dapat mengakibatkan timbunan lemak semakin banyak. Saat malam sebenarnya tubuh manusia akan mengalami perubahan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan.

Alhasil beberapa orang yang tidak mampu mengendalikannya akan ngemil lebih banyak dan itu menyebabkan berat badan naik tidak terkendali. Peneliti juga mengungkap fakta bahwa relawan rata-rata lebih lapar pada malam hari dari pada saat siang. Di malam hari hormon ghrelin mereka naik dibanding sore atau pagi.

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak untuk Meninggalkan Jejak Positif di Media Sosial

Ini seiring dengan naiknya juga hormon stres. Uniknya, level hormon peptida YY (PYY), hormon peredam rasa lapar malah mengalami penurunan di malam hari. Banyak makan di malam hari bisa memicu beberapa gangguan kesehatan yang serius semisal naiknya berat badan, juga mengganggu ritme sirkadian (dikenal juga sebagai jam alami tubuh). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply