Nutrisi Paling Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Setiap Hari

0
N MauTips.com, Jakarta. Ketika hamil, asupan makanan harus dijaga dengan baik. Meskipun begitu banyak makanan enak yang ingin disantap. Hal paling penting yang selalu harus diperhatikan ibu hamil adalah kecukupan nutrisi dari makanan. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan diri sendiri, namun juga untuk kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Mengingat, kebutuhan gizi ibu hamil harus terpenuhi dengan baik di setiap trimester. Makanan kaya asam folat juga bisa membantu meredakan mual. Di trimester ini, wanita hamil membutuhkan sekitar 600 mikrogram folat setiap hari untuk mengurangi risiko bayi tumbuh dengan cacat tabung saraf. Biasanya, Anda tetap perlu mengonsumsi suplemen asam folat, meskipun sudah mengonsumsi banyak makanan yang kaya folat. Tapi dari banyaknya vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil, ada nutrisi paling penting yang tak boleh terlewat jadi konsumsi setiap hari.

Nutrisi paling penting yang dibutuhkan ibu hamil adalah sebagai berikut.

Asam Folat
Asam folat dibutuhkan untuk menjaga perkembangan sehat otak bayi dan mencegah cacat seperti spina bifida. Disarankan sejak masa kehamilan awal wanita hamil mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari. Bisa dimulai dari minggu pertama hingga 12 minggu awal kehamilan.

Asam folat bisa didapatkan dari suplemen kehamilan atau dari makanan seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan asam, dan biji-bijian atau kacang-kacangan.

Zat Besi
Zat besi dibutuhkan ibu untuk menjaga kesehatan sel darah merah yang membawa oksigen. Zat besi juga dibutuhkan bayi untuk membentuk sel darah merah dan sel-sel tubuhnya. Zat besi bisa didapat dengan minum suplemen penambah darah, atau dari makanan seperti bayam, ikan, daging (baik unggas maupun merah), kacang merah, dan telur.

Baca Juga: Ini Momen Bayi Merasa Paling Bahagia Dalam Kandungan Ibu

Kalsium
Kalsium dibutuhkan ibu hamil terutama untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang diri sendiri. Sedangkan bayi akan cenderung menyerap kalsium dari tubuh ibu untuk kebutuhan hampir sama, yaitu membantu tulang. Kalsium biasanya bisa didapat dari suplemen atau dari makanan seperti susu, ikan, brokoli, bayam, tahu dan kedelai. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply