Pengganti Micin yang Dipakai Pakar Kuliner Wiliam Wongso

0
P MauTips.com, Jakarta. Banyak kalangan yang tidak menyarankan penggunaan Micin atau bahasa lainnya Monosodium Glutamat (MSG) pada makanan. Micin juga dihindari penggunaannya oleh pakar kuliner William Wongso. Menurutnya, pada beberapa bumbu dan rempah nusantara ada juga kandungan glutamat yang dapat digunakan menggantikan MSG.

Memang kadar kepekatannya tidak seperti micin buatan pabrik, namun itu jauh lebih aman dan menyehatkan. Orang Indonesia yang sudah terbiasa menggunakan MSG dapat beralih memakai yang alami, walau sepertinya lidah kebanyakan orang sudah terbiasa dengan penyedap rasa itu. Apalagi masakan yang dijual di warung atau kaki lima. Jika dilihat sejarah, jaman dahulu nenek moyang kita tak ada yang memasak menggunakan micin atau MSG.

Mereka hanya menggunakan bumbu rempah asli namun masakannya tetap lezat. Wiliam Wongso mengaku bahwa saat mengajar kuliner, ia tak pernah menganjurkan pemberian micin untuk memasakkepada murid-muridnya. Kepekatan rasa bisa diperoleh melalui perbandingan bumbu yang pas.

Itu saja sudah cukup untuk melezatkan masakan. Beberapa bahan yang ia gunakan untuk menambah rasa gurih pada masakannya, misalnya adalah kaldu dari tulang sapi yang direbus hingga keluar sarinya. Lalu pemberian tambahan bahan semisal jamur untuk menumis, membuat rasa tumisan lebih mantap.

Baca Juga: Ini Faktanya Ketombe Bukan Karena Kulit Kering

Gula dan garam dengan takaran yang pas juga dapat dipakai menggantikan micin atau MSG, kata dia lagi. Ditambah dengan bahan dan rempah alami sesuai resep masakan, misalnya bawang putih dan jahe juga mampu menguatkan rasa suatu masakan tanpa memakai glutamat pabrikan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply