Perbedaan Santan Peras, Santan Bubuk dan Instan Untuk Mengolah Masakan

0
P MauTips.com, Jakarta. Meski sama-sama berlabel santan, lain tekstur lain pula karakter kegunaannya. Saat ini ada beberapa pilihan santan yang bisa digunakan oleh kaum ibu, untuk mengolah masakan. Tidak seperti dahulu yang hanya santan peras saja, kini ada santan instan dalam bentuk cair dan kental, serta santan bubuk.

Santan berfungsi membuat kuah masakan menjadi kental dan gurih, sehingga keberadaannya cukup penting. Apalagi untuk masakan kaya rempah seperti tipikal hidangan di Asia, sari kelapa tersebut sering sekali digunakan sehari-hari. Apa beda dari santan alami yang diperas sendiri, santan instan kental dan santan bubuk saat dipakai mengolah masakan, berikut ini penjelasannya. Kenali agar bisa menentukan jenis yang cocok untuk masakan Anda. Santan Murni atau Peras terbuat dari parutan kelapa asli. Umumnya menggunakan kelapa tua dan berdaging tebal. Santan ini dibuat dari perasan parutan kelapa yang diberi tambahan air.

Hanya sarinya saja yang diambil, lalu sisa kelapanya dibuang. Kelemahan memakai bahan ini adalah ia mudah basi jika tidak segera dimasak. Daya tahannya hanya beberapa jam saja. Mempunyai cita rasa paling baik, dan luwes digunakan di semua masakan. Namun, durasi penyimpanannya singkat.

Santan Instan, memiliki tekstur yang sangat kental daripada santan murni. Diperoleh dari penambahan guar gum (tumbuhan) atau sirup jagung. Keduanya menghasilkan rasa manis yang sekaligus bisa mengawetkan umur santan, sekaligus berfungsi mengentalkan konsistensi santan. Karena sedikit manis, cocok untuk membuat penganan manis. Santan Bubuk merupakan golongan santan instan.

Baca Juga: Ini Alasan Musik Klasik Sering Diputar di Restoran Cepat Saji

Terbuat dari kelapa yang telah melalui proses spray dryer (diuapkan lalu dikeringkan dalam suhu tinggi) hingga berbentuk bubuk. Dikemas dalam wadah aluminium dan mudah larut jika ditambahkan air hangat. Cocok untuk hidangan apa pun. Yang terbaik tentu santan alami, namun ada kelemahannya yakni tidak tahan lama. Santan instan pun sebenarnya sama saja, dapat digunakan untuk memasak masakan yang lezat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply