Pilihan Buah Terbaik Untuk Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

0
P MauTips.com, Jakarta. Ada beberapa buah untuk detox yang baik untuk dikonsumsi. Sejumlah buah ini mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Detoksifikasi atau detox bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi makanan sehat seperti buah.

Detoksifikasi sendiri merupakan proses pembuangan racun di dalam tubuh melalui sejumlah organ tubuh. Hati atau liver merupakan organ terpenting yang dapat menetralisir racun. Racun yang ada di dalam tubuh bisa berasal dari mana saja, baik dari dalam maupun luar tubuh itu sendiri. Berbagai zat yang tak diperlukan itu masuk ke dalam hati melalui peredaran darah. Ada beberapa cara detoksifikasi tubuh secara alami.

Pada dasarnya detoksifikasi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti berikut.

Istirahat cukup
Istirahat akan membantu regenerasi organ-organ tubuh dan memperbaiki kerusakan sel.

Melakukan aktivitas fisik
Tak cuma untuk menurunkan berat badan, aktivitas fisik juga diperlukan untuk proses detoksifikasi.

Penuhi asupan cairan
Kekurangan cairan akan mengganggu fungsi organ tubuh. Cairan membantu membawa sisa-sisa metabolisme dan detoksifikasi menuju ginjal untuk kemudian dibuang dalam bentuk urine.

Konsumsi buah dan sayur
Nutrisi yang ada di dalam buah dan sayur dapat membantu organ tubuh dalam menetralisir racun.

Buah untuk Detoksifikasi Tubuh
Ada beberapa buah untuk detox yang bisa Anda konsumsi.

Berikut beberapa buah untuk detox yang bisa Anda konsumsi, mengutip berbagai sumber.

1. Apel
Selain kaya akan vitamin, serat, dan mineral, apel juga kaya akan fitokimia dan pektin yang dapat membantu proses detoksifikasi.

2. Lemon
Lemon menjadi salah satu buah yang paling sering digunakan untuk detoks. Lemon disebut efektif membersihkan tubuh dari racun dan membantu mengatasi masalah lambung.

3. Beri
Berbagai buah beri, dari stroberi hingga blueberry merupakan sumber yang kaya vitamin C dan serat. Konsumsi buah beri membantu menghasilkan butirat, sejenis asam lemak yang membantu menurunkan berat badan.

4. Tomat
Tomat mengandung likopen, senyawa antioksidan, yang begitu kuat. Senyawa satu ini dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Likopen melindungi hati dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Yang Bikin Tubuh Gampang Sakit

5. Pepaya
Pepaya juga dikenal kaya akan vitamin C serta nutrisi lain seperti vitamin A, magnesium, dan potasium sebagai senyawa antioksidan yang baik. Papain, sejenis enzim yang ditemukan dalam pepaya, juga dapat membantu pemecahan protein dan pencernaan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply