Protein Dalam Serangga Ini Lebih Tinggi Daripada Ayam

0
P MauTips.com, Jakarta. Sebelumnya serangga belalang sudah lama jadi makanan ringan di beberapa daerah di Pulau Jawa. Jika dulu serangga ini diburu karena dianggap sebagai hama pengganggu tanaman, maka kini belalang bisa juga dialih fungsikan sebagai makanan sumber protein pengganti daging sapi. Menurut penelitian dari University of Oxford, Inggris, ternyata daging belalang kaya dengan protein, vitamin dan mineral jika dibanding dengan hewan ternak seperti ayam atau sapi.

Jika hasil penelitian telah membuktikan kandungan manfaat dari belalang yang lebih tinggi dari daging sapi, maka tak ada salahnya jika mulai saat ini serangga tersebut jadi salah satu pilihan untuk memenuhi sumber protein keluarga. Studi yang telah dipublikasi hasilnya di European Journal of Clinical Nutrition itu membeberkan 4 jenis serangga yang kaya nutrisi serta protein dan baik untuk manusia.

Larva lebah, satu porsi larva lebah mengandung 850 persen protein sedangkan pada porsi yang sama daging sapi jauh dibawah itu proteinnya. Larva kumbang, dibandingkan dengan daging ayam, larva kumbang sejumlah 3,5 ons mengandung 247 kalori.

Baca Juga: Barang Di Indonesia Harga Murah Tapi di Luar Negeri Jadi Harga Mewah

Daging ayam hanya mengandung 152 kalori untuk jumlah berat yang sama. Ulat sutera, kandungan lemak jenuh dari ulat sutra sama dengan daging sapi untuk porsi yang sama besar. Lemak ini sehat bagi jantung dan kesehatan. Jangkrik, kandungan nutrisinya yang unggul selain protein adalah sodium. Ia bahkan jauh lebih tinggi dibanding daging ayam. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply