Resep Nastar Kue Kering Lebaran, Lumer di Mulut

0
R MauTips.com, Jakarta. Nastar merupakan salah satu kue favorit dalam keluarga, apalagi kalau lebaran. Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart.

Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh. Selain itu sekarang nastar juga dibuat dengan selai buah lain, misalnya stroberi, bluberi, dan lain-lain. Nastar biasanya dihidangkan pada hari-hari raya, mulai dari Natal, Idul Fitri, sampai tahun baru Imlek. Nastar biasanya dijual dalam kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan. Kue nastar sendiri kini sudah berkembang dengan berbagai resep nastar yang bervariasi.

Nastar merupakan kue yang sangat banyak digemari masyarakat pada saat moment Lebaran tiba. Kue ini biasa disajikan untuk menyambut tamu, maupun keluarga yang berkunjung ke rumah. Bagi yang ingin keluarganya makan nastar dari hasil tangan sendiri, berikut bahan dan cara membuatnya. Kue nastar selalu memiliki tempat sendiri sebagai kue kering lebaran yang paling banyak dicari apalagi yang lumer di mulut.

Berikut resep yang bisa dicoba.

Bahan-Bahan
100 gram butter
100 gram margarin
50 gram gula halus
1 butir kuning telur
25 gram susu bubuk
30 gram tepung maizena
250 gram tepung terigu

Bahan Olesan
1 butir kuning telur
1 sdt minyak goreng
1 sdt susu kental manis putih
Bahan Isian
selai nanas yang sudah disangrai

Baca Juga: Tips Mengatasi Bebas Utang di Tanggal Tua

Cara Membuat
1. Kocok butter, margarin, gula halus dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Matikan mixer, masukan kuning telur. Kocok kecepatan sedang. Matikan mixer lagi.
2. Masukkan bahan kering (maizena, tepung, dan susu bubuk) aduk dengan spatula sampai rata. Uleni dengan jari sampai kalis
3. Bentuk adonan pipih terlebih dahulu, beri isian selai nanas, lalu bentuk bulat-bulat.
4. Susun di loyang oven, olesi dengan bahan olesan.
5. Panggang sampai kuning kecoklatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply