Resiko Pada Tubuh Saat Makan Daging Babi

0
R MauTips.com, Jakarta. Daging babi disebut memiliki rasa gurih yang nikmat. Teksturnya juga juicy sehingga disukai banyak orang. Namun konsumsi daging babi juga perlu diperhatikan. Bagi umat nonmuslim, babi termasuk makanan yang sering mereka konsumsi. Ternyata ada dampak kesehatan konsumsi babi yang diungkap para ahli kesehatan. Ada beberapa resiko kesehatan yang mungkin timbul dari konsumsi daging babi berlebih. Hal ini diungkap para ahli kesehatan terkait nutrisi yang terkandung dalam daging babi.

Mengutip Eat This, Not That!, inilah 5 hal yang bakal terjadi kalau makan daging babi.

1. Membangun massa otot
Daging babi tergolong jenis daging merah, bukan daging putih. Karenanya konsumsi daging babi juga bisa memenuhi kebutuhan protein harian. Protein dari daging babi bahkan disebut sangat bagus untuk mereka yang membangun massa otot dan meningkatkan performa otot mereka.

2. Tingkatkan asupan zinc hingga zat besi
Selain sumber protein, konsumsi daging babi juga bisa meningkatkan asupan zat gizi mikro berupa vitamin dan mineral, seperti zinc dan zat besi. Hal ini amat bermanfaat mengingat konsumsi vitamin dan mineral banyak orang masih tergolong rendah.

3. Risiko terkena penyakit kardiovaskular
Daging babi mengandung sodium dalam jumlah tinggi. Sodium memang punya peranan untuk kesehatan, namun seringkali konsumsinya berlebihan sehingga malah berdampak buruk. Sodium utamanya terkandung dalam daging babi olahan seperti sosis, bacon, dan ham. Ketiga produk ini faktanya banyak dikonsumsi, terutama oleh orang-orang di negara Barat.

4. Kemungkinan infeksi parasit
Seperti yang ditekankan para ahli kesehatan, daging babi harus dimasak dengan sempurna. Konsumsi daging babi mentah dan tak matang sempurna sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Bikin Istri Kewalahan, Manfaat Minum Kopi Campur Madu

5. Memicu obesitas
Mengonsumsi daging babi terlalu banyak juga erat kaitannya dengan obesitas. Hal ini sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh daging babi, melainkan juga daging merah lainnya seperti daging sapi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply