Saat Sahur Makanan Ini yang Harus Dihindari!

0
S MauTips.com, Jakarta. Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat selama berpuasa adalah dengan menjaga asupan makanan saat sahur. Saat makan sahur, tak boleh makan sembarangan. Menjalankan puasa adalah salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh semua umat Muslim.

Namun, ini tak berarti kalau boleh lalai menjaga pola makan yang sehat. Makanan sahur seharusnya sehat dan bisa menyediakan energi sepanjang hari saat puasa. Berikut ini jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur dan buka puasa, khususnya yang punya masalah asam lambung.

Kopi dan teh
Kandungan kafein pada kopi dan teh sangat tidak baik untuk lambung. Saat berpuasa, lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam. Secara otomatis asam lambung akan meningkat. Hal ini tentu akan membuat kita merasa mual.

Gorengan
Makanan yang digoreng dengan minyak yang tidak sehat, bisa memicu keluarnya asam lambung. Maka, hindari memakan gorengan saat berbuka puasa, karena saat berpuasa perut sangat sensitif. Hal ini membuat asam lambung dapat meningkat dengan cepat.

Makanan berlemak
Makanan berlemak bisa menyebabkan kegemukan dan gangguan pencernaan serta nyeri di ulu hati. Selain itu, makanan yang banyak mengandung lemak juga membuat perut kita cepat kenyang, sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi tidak termakan.

Makanan yang pedas dan banyak mengandung merica
Mengonsumsi makanan pedas saat berpuasa bisa merusak dinding lambung. Khususnya Anda yang mempunyai masalah dengan lambung, sebaiknya hindari makanan jenis ini. Agar lambung tidak kaget, berbukalah dengan makanan ringan terlebih dahulu.

Keju dan coklat
Keju dan coklat termasuk makanan yang sulit dicerna. Mengonsumsi makanan ini bisa membuat lambung kita lambat untuk memprosesnya, sehingga menyebabkan perut bisa menjadi kembung.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Kurma Bagi Orang yang Berpuasa

Untuk menu makan sahur, makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat sangat dianjurkan. Karena makanan-makanan tersebut bisa membantu melepaskan energi secara perlahan selama berjam-jam saat berpuasa. Makanan dengan karbohidrat dan protein yang tinggi bisa kita temukan di gandum, oat, kacang-kacangan, ikan, kacang hijau, buah-buahan, dan sayuran lainnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply