Sakit Diabetes, Bolehkah Makan Kurma Manis Tiap Hari?

0
S MauTips.com, Jakarta. Banyak orang menghindari makan kurma karena berpikir rasa manis dari kurma bisa meningkatkan kadar gula darah. Padahal tidak. Kurma memiliki glikemik indeks yang rendah dengan kandungan gula alaminya. Bahkan kurma aman dikonsumsi penderita diabetes asal tidak berlebihan karena tidak meningkatkan kadar gula darah.

Penderita sakit diabetes diharuskan mengontrol jenis makanan apa saja yang akan mereka konsumsi. Jika diperhatikan dalam daftar larangan makanan untuk pasien diabetes, maka kurma adalah salah satu yang tertulis di dalamnya. Apalagi kurma matang yang karamelnya membuat buah itu jadi manis sekali. Kandungan glukosanya dianggap dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh diabetesi.

Namun apakah benar demikian faktanya? Beberapa nutrisi yang terdapat dalam setiap butir kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja serat, antioksidan zat besi, kalium, vitamin B, B6, A dan K, tanin, tembaga, magnesium, mangan, niasin, asam pantotenat, dan riboflavin dari kurma.

Tinggi glukosa
Karena kurma yang banyak beredar di pasaran umumnya adalah kurma kering, bukan kurma segar, maka kandungan kalori dan gulanya juga lebih tinggi. 80 % dari berat per butir kurma adalah fruktosa dan glukosa. Tak heran jika penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsinya. Akan tetapi di sisi lain, studi ilmiah malah menyebut fakta sebaliknya. Kurma memang tinggi glukosa namun hal itu tidak berpengaruh signifikan pada naiknya kadar gula darah orang yang mengonsumsinya.

Baca Juga: Tips Puasa Tetap Nyaman Walau Tekanan Darah Rendah

Takaran yang aman
Mengonsumsi sesuatu berlebihan pastinya tidak baik. Karena itu demi kesehatan maka ada takaran ideal seorang penderita diabetes jika ingin makan kurma. Anjurannya adalah 10% dari kebutuhan kalori per hari atau sekira 2-3 buah saja. Dengan demikian maka masih bisa makan makanan lain yang bergizi sebagai pelengkap nutrisi harian. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply