Santap Makanan Ini Saat Sahur dan Buka Puasa Agar Tidak Bau Mulut

0
S MauTips.com, Jakarta. Masalah bau mulut ini terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri bicara dengan orang lain. Pada saat puasa masalah bau mulut sering terjadi. Nafas yang kurang sedap terjadi karena dua hal, yakni masalah mulut dan kesehatan pencernaan.

Ini berarti bau mulut terjadi tidak hanya kerena masalah mulut tapi juga berasal dari saluran pencernaan. Untuk mengatasi bau mulut saat puasa, pertama-tama harus memperbaiki pola makan. Seimbangkanlah konsumsi protein, karbohidrat. Ingin hasil yang lebih maksimal, berikut ini referensi makanan sahur dan berbuka puasa untuk mencegah bau mulut.

Makan yoghurt
Makan yoghurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Sebaiknya, pastikan yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt).

Apel, Wortel & Seledri
Ketiga jenis sayur dan buah ini ampuh melawan bau mulut. Bisa menggabungkannya menjadi jus. Pada dasarnya semua jenis buah dan sayur yang akan kaya serat dapat memerangi aroma mulut yang tidak sedap.

Makanan yang Kaya Vitamin C
Jeruk, melon dan stroberi merupakan makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C akan membuat bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

Baca Juga: Nutrisi Dalam Segelas Susu Saat Menutup Sahur 

Sebaiknya konsumsi vitamin C dari makanan bukan suplemen. Bagi sebagian orang, mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menganggu pencernaan. Tentunya ketika pencernaan terganggu maka akan berpengaruh pada aroma mulut yang tidak sedap. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply