Selain Susu, Tempe Sumber Probiotik Sehat dan Murah

0
S MauTips.com, Jakarta. Di Indonesia juga seluruh dunia senang memakan jenis makanan dari kacang kedelai ini, tempe. Beragam makanan bisa diolah dari tempe. Rasanya pun enak dan gurih. Kita bisa membuat aneka makanan ala warung tegal atau restoran dari tempe. Misalnya yang mudah seperti tempe goreng, tempe balado, oseng tempe dan sebagainya.

Jenis makanan ini pun cocok diolah dengan sayuran atau makanan lainnya. Harga tempe yang murah meriah, meski sekarang sudah naik akibat bahan bakunya diimpor, menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga. Tempe adalah makanan yang ternyata sangat bergizi untuk dikonsumsi. Tempe dan tahu memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Meski harganya tidak mahal, banyak kalangan sanggup membelinya. Bahkan bisa dibilang tempe sangat baik untuk sumber protein nabati, dibanding protein hewani seperti daging sapi dan sebagainya. Menurut penelitian, kandungan protein tempe lebih tinggi dibanding protein dari hewani.

Penelitian terbaru pun menyebutkan kandungan gizi tempe ini sama dengan kandungan gizi dari yoghurt, yang terbuat dari susu fermentasi. Jika Anda selama ini mengenal susu sebagai sumber probiotik, ternyata makanan murah dan lezat seperti tempe juga memiliki hal yang sama. Itu karena saat pembuatannya, tempe mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri baik. Bahkan tempe lebih unggul karena bisa dikonsumsi siapa saja, termasuk anak-anak dan balita yang tidak bisa minum susu karena alergi.

Ditambah keunggulan ekonomis berupa harga yang terjangkau, dibandingkan dengan produk susu. Bagi kaum ibu yang sedang pusing hendak memilih makanan pendamping ASI (MPASI), tempe juga disarankan untuk diberikan pada bayi yang sudah siap mengonsumsi makanan.

Menurut Spesialis Anak, bakteri baik yang ada pada makanan hasil fermentasi baik untuk menyehatkan pencernaan anak. Penyebabnya karena kandungan probiotik yang terkandung di dalamnya. Namun cara penyajian seperti digoreng atau dimasak dalam suhu mendidih kurang baik sebab dapat menghilangkan probiotik di dalamnya.

Baca Juga: Banyak Gerak Kurangi Duduk, Panduan Aktivitas Fisik Terbaru

Padahal itu yang jadi alasan kita mengonsumsi tempe. Untuk menambah selera makan, maka Anda bisa memotong kecil-kecil tempe, lalu dimasukkan dalam sayur yang sudah dimasak, misalnya sayur bening bayam dengan suhu masih panas. Dengan cara itu maka probiotiknya tidak hilang atau mati. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply