Terlalu Sering Dikonsumsi, Makanan Ini Bisa Picu Kanker

0
T MauTips.com, Jakarta. Publik dihebohkan dengan berita soal istri Presiden ke-6 RI, Ani Yudhoyono menderita kanker darah. Kanker sendiri bisa disebabkan oleh pola makan sehari-hari. Mengonsumsi beberapa bahan makanan secara rutin juga bisa jadi penyebabnya.

Ada beberapa makanan yang jika rutin dikonsumsi justru buat tubuh lebih berisiko terkena kanker. Mengurangi konsumsi gula tambahan bisa jadi salah satu perubahan untuk mengurangi risiko terkena kanker. Namun menurut ahli gizi, Langlois, kelima bahan di atas tak akan memberi efek negatif pada tubuh jika Anda tetap menjalankan diet seimbang dengan mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan rendah lemak jenuh.

Untuk itu, ketahui beberapa bahan makanan yang menyebabkan kanker versi Cancer Center berikut.

Alkohol
Konsumsi alkohol berkaitan erat dengan risiko terkena kanker. Ketika tubuh memetabolisme alkohol, tubuh menghasilkan asetaldehida. Asetaldehida merupakan senyawa kimia yang bisa merusak DNA sehingga menyebabkan kanker.

Untuk wanita dewasa, dianjurkan untuk tidak meminum lebih dari satu porsi alkohol. Sedangkan untuk pria dewasa, tidak boleh lebih dari dua porsi. Satu porsi di sini didefinisikan ke dalam 12 ons bir, 5 ons wine atau 1,5 ons minuman keras lainnya.

Daging olahan
Makanan olahan seperti bacon, sosis, pepperoni hingga kornet masuk dalam kategori bahan makanan olahan yang populer. Para peneliti menemukan bahwa sebanyak 50 gram daging olahan yang dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 18 persen. Jika Anda pencinta daging olahan, pilihlah daging olahan yang bebas nitrit. Selain itu, cari yang tidak memakai pengawet.

Daging panggang agak hangus
Daging yang dimasak dengan suhu tinggi membentuk zat kimia yang dapat menyebabkan perubahan DNA Anda. Hal itu tentu menyebabkan kanker. Konsumsi daging well-done, digoreng atau dipanggang dalam jumlah banyak meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal, pankreas, dan prostat.

Daging merah
Daging sapi, domba, kambing, babi, dan kuda masuk dalam kategori ini. Memakan daging merah dalam jumlah banyak berkaitan dengan kanker kolorektal, pankreas dan prostat.

Baca Juga: Bahasa Cinta yang Harus Dimengerti Pasangan Agar Tak Sering Bertengkar

Minuman panas
Minuman panas di sini ialah minuman yang memiliki panas lebih dari 65 derajat celcius. Jadi, pastikan kopi, teh atau cokelat buatan Anda tidak lebih dari suhu tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply