Ternyata Makan Keong Sawah Tidak Buruk, Ini Keunggulannya

0
T MauTips.com, Jakarta. Masakan Keong Sawah merupakan salah satu sajian yang banyak diburu oleh masyarakat di tanah air. Selain keunikannya, banyak orang yang mengatakan bahwa masakan keong sawah memiliki cita rasa istimewa dan cocok untuk sajian berbuka puasa. Bahkan, tak jarang para pedagang makanan berbuka menyandingkan masakan keong sawah dengan kolak dan es buah.

Kemasannya pun terkadang tak beda jauh dengan kolak, yaitu dibungkus plastik berukuran kecil. Untuk membuat masakan keong sawah, keong mentah harus dicuci hingga bersih kemudian dilubangi bagian belakangnya. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan agar bumbu meresap ke dalam. Untuk memasaknya, tumis bumbu- bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan keong yang sudah dicuci bersih. Setelah bumbu meresap kemudian diberi air dan direbus hingga kurang lebih 3 sampai 4 jam. Menteri Pertanian menyarankan warga tanah air yang tak kuat membeli daging akibat harganya melonjak tinggi, bisa beralih mengkonsumsi keong sawah.

Pernyataan tersebut jelas menimbulkan reaksi beragam dari masyarakat, ada yang pro namun lebih banyak lagi yang kontra. Di sisi lain, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) mendukung pernyataan Mentan dan membeberkan manfaat keong sawah. Keong sawah tidak memiliki kandungan lemak jenuh, sementara daging tinggi lemak jenuh. Alasan ini yang juga membuat keong sawah lebih baik dikonsumsi ketimbang daging.

Baca Juga: Penyakit Psikologis Ini Sering Dialami Oleh Ibu Usai Melahirkan

Protein pada keong sawah juga tinggi, tak kalah dari daging sehingga menyantap makanan murah meriah ini tidak akan membuat kurang protein. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan, keluarga miskin yang memberi makan anak-anak balita mereka lauk keong ternyata mempunyai gizi yang cukup baik. Di Indonesia ada banyak makanan sumber protein yang bisa diperoleh dengan harga lebih murah. Misalnya saja ikan, jamur, tempe, tahu dan banyak lagi. Termasuk yang dianjurkan oleh Mentan, yakni keong sawah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply