Ternyata Milkshake Bukan Minuman yang Menyehatkan

0
T MauTips.com, Jakarta. Penemuan ini tidak bermaksud membuat masyarakat jadi panik, namun sekedar mengetahui bahwa jika konsumsi double cheeseburger dan milkshake, ada konsekwensi kesehatan yang bisa terjadi. Milkshake cukup banyak digemari sebab minuman ini terasa segar saat udara sedang terik, rasanya manis dan juga lezat.

Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa saat seseorang mengonsumsi minuman tinggi lemak ini, terjadi perubahan yang tak sehat di pembuluh darah serta sel darah merahnya. Tes laboratorium yang dilakukan terhadap 10 orang pria sehat usai mereka minum milkshake yang mengandung 80 gram lemak dan 1.000 kalori, menemukan kondisi pembuluh darah yang lebih kaku dan tidak rileks. Sebagian sel darah juga menjadi runcing bentuknya, tidak halus. Sel darah merah bentuk umumnya bagus dan halus. Tapi setelah para pria itu konsumsi minuman tinggi lemak, sel darah merah mengalami kondisi ini. Hal ini mempengaruhi aliran darah.

Efek ini bisa jadi hanya sedikit, namun seiring waktu akan bertambah dan berakibat fatal. Hal yang penting adalah tubuh Anda biasanya akan menangani kondisi tersebut jika Anda tidak melakukannya lagi pada makan berikutnya. Namun jika Anda melakukan berkali-kali dan jadi kebiasaan, tubuh akan terpengaruh dan tidak lagi bisa mengatasinya.

Hasil studi ini membantu menjelaskan mengapa dapat terjadi kasus serangan jantung pada sebagian orang, usai mereka makan beberapa makanan yang tinggi lemak. Para partisipan pria yang ikut dalam studi tersebut pun mengalami peningkatan kadar enzim myeloperoxidase. Itu adalah enzim yang dikaitkan pada kondisi pembuluh darah kaku serta serangan jantung.

Baca Juga: Sebaiknya Wanita Hindari Menikah dengan 6 Tipe Pria Ini

Studi ini masih dalam tahap awal dan belum secara lengkap mengungkap apa bahayanya jika sel darah berubah runcing, terhadap pembuluh vaskular. Namun rekomendasi asupan lemak yang aman bagi orang dewasa adalah 20 hingga 35 persen dari kalori harian. Hitungannya bisa berarti kurang dari 78 gram. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply