Tips Agar Anak Doyan Makan Sayur dan Buah

0
T MauTips.com, Jakarta. Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral dan serat yang sangat baik untuk kesehatan anak. Ada beberapa faktor yang sebabkan si kecil menolak konsumsi sayur dan buah. Salah satunya adalah tekstur dan rasanya yang hambar sehingga tak menarik perhatian anak-anak.

Dibandingkan dengan bahan makanan lain, anak-anak cenderung lebih sulit makan sayur dan buah. Padahal makanan ini bisa menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak. Jika kurang mengonsumsi sayur-sayuran bisa berdampak pada meningkatnya penyakit tidak menular. PTM ini meliputi hipertensi, stroke, obesitas hingga gagal ginjal kronis. Supaya hal ini tidak terjadi, sebaiknya ibu perlu lakukan beberapa trik. Dengan cara ini anak-anak lebih tertarik untuk mengonsumsi sayur dan buah.

Sajikan sayuran dan buah dengan warna kontras
Buah dan sayur berwarna berbeda juga mengandung nutrisi yang berbeda. Ini jadi alasan mengapa anak-anak penting konsumsi beragam buah dan sayur berbeda setiap hari. Selain itu dengan cara mengkombinasikan buah atau sayuran. Anak juga lebih mudah menikmati rasanya. Pilih buah-buahan dengan rasa yang manis agar anak lebih suka.

Ubah bentuk
Kebanyakan dari buah dan sayur memiliki tekstur keras dengan rasa yang cenderung hambar sehingga mungkin tidak menarik untuk anak-anak kecil. Sehingga Anda bisa mengolah sayur atau pun buah menjadi bentuk makanan yang lain.

Sayuran bisa dicincang kemudian diolah menjadi campuran bakso atau nugget. Haluskan sayuran dengan food processor agar tak terlihat. Tak hanya itu, sayuran atau pun buah seperti wortel dan pisang bisa dibuat cake.

Buat smoothies
Buah dan sayur lebih menarik jika dibuat menjadi smoothies. Smoothies bisa dibuat dengan mencampur pisang, jus apel, wortel dengan yogurt atau susu dan es yang diblender jadi satu. The Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa setengah cangkir wortel cukup untuk memenuhi asupan sayuran dalam sekali makan.

Sajikan dengan saus
Banyak anak-anak yang menyukai pasta. Anda bisa mencampurkan sayuran cincang ke dalam saus pasta untuk menambah asupan serat. Selain pasta, sayur juga bisa disajikan dengan cocolan berupa saus keju. Menurut peneliti dari Amerika, trik ini sukses membuat si kecil tertarik mencoba sayuran dan menyukainya.

Baca Juga: Tips Sukses Dalam Karier di Tahun 2019

Ajak si kecil masak
Kegiatan memasak bisa jadi aktivitas menyenangkan bersama si kecil. Selain mendapat pengetahuan soal sayur dan buah, mengolah sendiri buah dan sayur juga bisa membuat si kecil lebih antusias mengonsumsi buah dan sayur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply