Tips Agar Buah Tetap Segar Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini berbuka menjadi waktu yang paling ditunggu setelah hampir seharian berpuasa. Tak heran, banyak orang mulai menimbun segala macam makanan, termasuk buah di dalam kulkas untuk dikonsumsi saat berbuka. Sayangnya tak jarang karena disimpan terlalu lama buah dan aneka makanan favorit sudah tidak enak dimakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Agar buah-buahan dapat tersimpan dengan benar, catat hal-hal yang perlu dilakukan berikut. Tidak semua buah-buahan dapat disimpan di lemari pendingin. Buah-buahan seperti alpukat dan pisang sebaiknya tidak ditaruh di kulkas. Untuk alpukat, Frutarian bisa membungkusnya dengan kantung dari kertas. Sedangkan pisang bisa disimpan dalam mangkuk atau piring yang selanjutnya disimpan di meja atau tempat penyimpanan makanan. Buah apel, anggur, melon, pear, cherry, dan buah-buahan berry sebaiknya dimasukkan dalam kulkas.

Pastikan kulkas memiliki suhu yang sejuk, gelap, tidak lembap dan bersih. Suhu kulkas yang baik untuk menyimpan buah adalah 2.7-7 derajat celcius. Pisahkan pula buah berry dan cherry dalam kantung plastik bersih. Tidak menyimpan satu jenis buah dengan buah lainnya. Bila buah dengan jenis berbeda disimpan dalam wadah yang sama, pastikan tidak saling bersentuhan satu sama lain.

Jauhkan buah-buahan dari makanan atau bahan masakan lain yang berbau tajam seperti bawang. Segera pisahkan buah yang sudah terlihat sangat matang. Buah yang sangat matang bisa mengeluarkan gas sehingga bisa membuat buah-buahan lainnya terlalu cepat matang.

Baca Juga: Tips Mengelola THR Agar Tetap Hemat dan Gunakan Pendapatan yang Bijak

Keluarkan dan buang buah yang sudah membusuk. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit dari buah yang sudah tak layak dimakan. Bungkus buah apel dengan kertas atau koran bila akan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Frutarian pun bisa menaruhnya pada kantung plastik yang beberapa bagiannya telah dilubangi. Hal ini agar udara bisa masuk ke dalamnya dan buah apel tetap segar walau disimpan lama.

Semoga informasi ini berguna bagi kamu para pecinta buah untuk menikmati kesegarannya yang lebih tahan lama. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply