Tips Agar Minyak Tidak Meletup-Letup Saat Menggoreng Cabai

0
T MauTips.com, Jakarta. Menggoreng cabai bisa melukai kita karena cabai akan membuat minyak dengan mudah meletup-letup. Sama dengan saat kita menggoreng ikan, minyak untuk menggoreng cabai tidak jarang akan meletup-letup.

Ketika ingin memasak masakan dengan rasa yang khas dan bumbu matang sempurna, tidak sedikit dari kita yang menggoreng bumbu terlebih dahulu kemudian menghaluskannya. Dan mengenai menggoreng bumbu sendiri, meski kelihatannya cukup sepele ini membutuhkan kehati-hatian yang ekstra. Apalagi, jika bumbu tersebut banyak cabainya.

Lantas, bagaimana cara agar minyak tidak meletup-letup saat kita menggoreng cabai? Berikut caranya.

Iris atau Lubangi cabai
Usahakan utnuk mengiris atau melubangi cabai. Mengiris cabai bisa menurunkan risiko cabai meletus saat digoreng. Memang, ini cukup menyita waktu apalagi jika cabai untuk memasak jumlahnya banyak dan dari jenis cabai rawit yang kecil-kecil. Tapi, demi minyak tidak meletup-letup, usahakan untuk mengiris atau melubangi cabai.

Gunakan Api Kecil
Gunakan api kecil saja untuk menggoreng. Minyak yang terlalu panas dengan api yang terlalu besar akan lebih mudah membuat cabai meletus dan membuat minyak meletup-letup.

Gunakan Sedikit Minyak
Saat menggoreng cabai, gunakan minyak yang sedikit saja. Bila perlu, goreng cabai dengan cara seperti ditumis saja. Ini akan membuat cabai tidak mudah meletus.

Tutup Wajan Penggorengan
Tutup wajan penggorengan saat menggoreng cabai. Jika cabai sudah matang, buka wajan dan segera angkat. Hindari menggoreng cabai terlalu lama karena hal ini akan membuat cabai rentan gosong.

Baca Juga: Sepele, Tapi Jika Dilakukan Terus Mata Bisa Rusak

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat menggoreng cabai agar minyak di wajan tidak meletup-letup. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply