Tips Memaksimalkan Manfaat Sehat Sereal untuk Sarapan Bergizi

0
T MauTips.com, Jakarta. Hadir sebagai penyedia makanan sehat, tentunya sereal siap memenuhi berbagai kebutuhan keluarga. Sereal merupakan pilihan menu sarapan yang cukup populer. Selain harganya cukup murah, sereal juga mudah disiapkan. Manfaat sereal kurang lebih ditujukan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan.

Manfaat dari sereal ini sebagai sumber energi. Manfaat sereal untuk sarapan sering dibayangi dengan ketakutan akan kadar gulanya yang tinggi, maupun kandungan gizinya yang rendah. Padahal menurut pakar, ada beberapa tips yang bisa membuat sarapan sereal menjadi sehat.

Berikut tips memaksimalkan manfaat sehat sereal untuk sarapan.

Perhatikan porsinya
Sajikan sereal dengan porsi kecil, antara setengah atau satu gelas saja. Usahakan kalori yang terkandung tidak lebih dari 200 kalori per mangkuk.

Pilih whole grains
Pilih sereal dengan tipe whole grains. Sereal whole grains mengandung lebih banyak serat dan nutrisi daripada sereal biasa.

Perhatikan jumlah serat
Perhatikan label gizi saat membeli sereal. Pilih sereal dengan jumlah serat minimal 5 gram per porsi. Rekomendasi asupan serat harian adalah 25 gram untuk wanita, dan 38 gram untuk pria.

Jauhi sodium
Sereal dengan rasa manis bisa mengandung sodium hingga 500 miligram per porsi. Pilih sereal yang mengandung sodium tidak lebih dari 220 miligram per porsi.

Cek kadar gula dan lemak
Sereal dengan rasa dasar manis berpotensi mengandung gula dan lemak yang cukup tinggi. Konsumsi terlalu banyak kalori saat sarapan bisa membuat gula darah tidak stabil hingga siang.

Baca Juga: Tips Konsep Nggak Biasa yang Bisa Bikin Foto Keluarga Makin Kere

Tambahkan protein
Tambahkan protein dengan Greek yogurt tanpa lemak. Makanan tinggi protein membantu mengurangi rasa lapar.

Sajikan panas
Sajikan sereal dalam keadaan panas, dengan tambahan sayur ataupun yogurt. Dengan begitu, kenyang lebih mudah didapat sekaligus mengurangi kadar gula pada makanan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply